Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Selamat dan Sukses HUT KAI Ke-13 ! Ketua DPD KAI Sumut : Jangan Pernah Lelah Dalam Memperjuangkan Keadilan, Karna Itu Harga Diri Kehormatan Advokat


MEDIANAGANEWS.COM, SUMUT - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kongres Advokat Indonesia (KAI) yang ke-13 kali ini merupakan suatu sejarah yang perlu mendapat perenungan mendalam oleh para Advokat untuk melakukan persiapan mental dan keilmuan, khususnya dalam menghadapi situasi dan kondisi penegakan hukum saat ini yang kian cenderung ada permasalahannya serta mengadapi perkembangan hukum yang kian modern guna mengikuti perkembangan zaman di Negara Indonesia yang kita cintai dan banggakan ini.

Kongres Advokat Indonesia yang merupakan Organisasi Profesi Advokat di Indonesia, lahir sejak 13 Tahun yang lalu yakni 30 Mei 2008, telah ikut bagian dalam mewarnai perkembangan hukum di Indonesia, dengan melahirkan ide-ide dan gagasan hukum untuk kemajunan hukum di indonesia yang adil, serta telah melahirkan para penegak hukum sampai kepelosok-pelosok wilayah guna memberikan pelayanan hukum," ungkap Ketua DPD KAI Sumut Adv Surya Wahyu Danil Dalimunthe SH MH yang juga selaku Presidium Office Law Surya Wahyu Danil SH MH & Partners, Minggu (30/5/2021) diruangannya.

Selama ini, tanpa kita sadari perjalanan penegakkan hukum di Indonesia, masih banyak menunjukkan fenomena yang kadang telah meninggalkan nilai dan esensi keadilan, kepastian dan manfaat sebagai azas hukum yang kita junjung bersama. Swett memory sejarah perjalanan penegakan hukum seolah-olah hanya memberikan kebahagiaan bagi segelintir orang yang memiliki pangkat, kekayaan dan kekuasaan, dilain hal, banyak cerita miris dan tragis bagi sebagian orang yang tidak mendapatkan keadilan hukum.

Bahkan bagi Negara kita yang saat ini sedang berkembang, tatanan hukum terkadang dikesampingkan sepanjang kepentingan pribadi atau golongan bisa terpenuhi. Hal ini sesuai dengan idiom yang pernah dilontarkan Liebknecht yang digaungkan oleh Presiden Indonesia pertama Soekarno,  ‘You cannot make a revolution with lawyers‘.  “Intinya, revolusi tidak memberikan tempat untuk hukum dan para aktivisnya,” kata praktisi hukum itu, dilain hal ada Advokat di Tangkap KPK dugaan Suap, Ada Advokat terbunuh akibat kasus yang ditanganinya serta ada perkara yang dimana klien harus menunggu kepastian hukum bertahun-tahun akibat tidak terurusnya perkara, bahkan ada klien hanya dijadikan alat sumber pendapatan, Ini semua menjadi tantangan kita bersama selaku praktisi hukum !," tegas Surya Wahyu Danil.


Untuk itu, momentum HUT KAI yang ke 13 kali ini, mari kita bersama-sama sebagai profesi Advokat untuk melakukan perenungan lebih jauh, yakni hendak kemana hukum bangsa ini di arahkan ? Oleh sebab itu untuk menjawab itu semua, sangat diperlukan peran Integritas Advokat sebagai penegak hukum dalam melakukan pelayanan, pendampingan dan pengawasan perlu ditingkatkan. Kata Integritas kita maknai sebagai jati diri Advokat yang berani dalam membela kebenaran serta berperilaku jujur atau dapat dipercaya bagi masyarakat pencari keadilan. Jangan pernah lelah dalam memperjuangkan keadilan, karna itu adalah sebagai harga diri & kehormatan Advokat ! Pungkas Ketua DPD KAI Sumut Surya Wahyu Danil.

Sebagai gambaran yang sering kita amati, banyaknya kasus main hakim sendiri, sebagai akibat ketidakpercayaan pada hukum dan penegakkannya, serta perilaku penegak hukum yang kecenderungan akan puas dengan melakukan kecurangan atau sebutan mafia hukum.

Oleh karna itu, momentum HUT KAI Ke-13 ini, kiranya dapat dijadikan perenungan bersama, serta motivasi kita, untuk dapat meningkatkan Intergitas Advokat, serta Kongres Advokat Indonesia yang merupakan Organisasi Advokat, makin jaya dan maju dalam mendorong tatanan hukum yang baik di Indonesia. Terlebih secara istimewa khususnya terhadap Presiden KAI Bapak Adv Erman Umar SH beserta Sekjen KAI Bung Heytman Jansen.P.S, SH, CLA, CCD, semoga diberi kesehatan dan kekuatan dalam memimpin organisasi Advokat KAI kedepannya untuk menjadi yang lebih baik lagi. Serta tidak lupa juga bagi seluruh rekan-rekan juang Advokat lainnya yang ada di Indonesia ini kiranya selalu diberi kesehatan dan kekuatan dalam melakukan pelayanan dan pendampingan hukum, khususnya ditengah pandemi Covid 19 yang kian mencekam saat ini untuk dapat terus bersemangat dan jangan pernah lelah dalam memperjuangkan keadilan, karna itu adalah sebagai harga diri & kehormatan kita sebagai Advokat. Dirgahayu Kongres Advokat Indonesia yang ke-13, 30 Mei 2021, KAI semakin jaya ! , ucap orang nomor satu di jajaran DPD KAI Sumut Adv Surya Wahyu Danil SH MH. (Rio-PR)