Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Gandeng RRI Palu, LPKA Palu Resmi Menggelar Dialog Interaktif Bersama UNODC dan UNIC Indonesia Bahas Upaya Mitigasi Bencana


MEDIANAGANEWS.COM, PALU - Bekerjasama dengan Radio Republik Indonesia (RRI) Kota Palu, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu gelarkan dialog interaktif bahas upaya mitigasi bencana pada Kota Palu dan sekitarnya bersama United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) dan United Nations information Centre (UNIC) , Selasa (9/5/2023) pagi.


Dialog interaktif tersebut merupakan tindak lanjut dari kunjungan UNODC dan UNIC di kota Palu dengan tujuan untuk melakukan penyuluhan terkait mitigasi bencana yang tepat pada beberapa instansi pemeritahan terkait dan yang rentan, tentunya berdekatan dengan lokasi rawan bencana.


Dengan mengusung tema “Peran LPKA Palu dalam Upaya Mitigasi Bencana” kegiatan tersebut turut disiarkan langsung lewat kanal youtube RRI dengan menghadirkan empat narasumber yang masing-masing adalah Direktur UNIC Indonesia, Miklos Gaspar, Konsultan UNODC dan Master of incident Management, Tanty Reinhart Thamrin, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulteng, Ricky Dwi Biantoro, serta Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun,



Dengan dipandu langsung oleh Nur Edy selaku moderator, acara yang berlangsung di aula blok hunian LPKA Palu itu di awali dengan penyampaian alasan serta tujuan oleh Miklos Gaspar selaku direktur UNIC Indonesia terkait penyuluhan mitigasi bencana ini.


“Sejauh dari pemantauan kami, Indonesia sudah sangat baik dalam menangani bencana yang terjadi, namun ada beberapa seperti upaya-upaya mitigasi yang dalam hal ini Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) merasa perlu untuk terjun langsung untuk berkontribusi memaksimalkannya,” jelasnya.


Tak sampai disitu, hal serupa juga disampaikan Konsultan UNODC dan Master of incident and management, Tanty, dirinya mencontohkan penjelasan tersebut khusus seperti pada Lembaga pemasyarakatan dimana perlakuan mitigasi dan metode-metodenya pasti memerlukan SOP khusus agar berjalan dengan lancar.


“Mitigasi akan bencana alam perlu diperhatikan dengan baik, apalagi di dalam LAPAS misalnya, ini perlu SOP khusus karena menyangkut aturan hukum dan narapidana di dalamnya apalagi LPKA yang isinya anak-anak semua, oleh karena itu kami hadir disini untuk membantu upaya-upaya mitigasi tersebut,” tambah Tanty dengan jelas.



Lebih lanjut di dalam dialog tersebut, Ricky, selaku Kadivpas mengutarakan, upaya mitigasi pada Lembaga Pemasyarakatan terus digencarkan.


“Mitigasi di UPT pemasyarakatan pun sekarang ini terus mengalami perkembagangan signifikan, banyak analisa-analisa yang kami lakukan termasuk bekerja sama denngan beberapa instansi yang membidangi penanganan bencana alam, dengan adanya UNODC dan UNIC disini besar harapan kami upaya-upaya mitigasi itu dapat bertambah lebih besar lagi” ungkapnya.



Sementara itu, pada kesempatannya berbicara, Revanda Bangun, menuturkan upaya jajarannya dalam melakukan dan memastikan upaya mitigasi yang di lakukan di LPKA Palu juga telah banyak meningkat.


“Sejauh ini kami sudah banyak bersinergi dengan beberpa instansi pemerintahan daerah terkait upaya mitigasi bencana alam, salah satunya dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palu, tentunya dengan kehadiran UNODC dan UNIC dapat menambah upaya-upaya itu menjadi lebih baik lagi,” bebernya.


Kegiatan ini pun disiarkan langsung oleh RRI Kota Palu ke seluruh pelosok tanah air melalui kanal media Youtube dan Instagram RRI Palu, yang mana diketahui RRI Palu juga merupakan media nomor satu dalam upaya penyaluran informasi terkait bencana alam.


Dalam kegiatan ini ditampilkan juga pertunjukkan musikalisasi puisi oleh beberapa orang Anak Binaan Pemasyarakatan (ABP) LPKA Kelas II Palu.(Rio-PR)