Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Kapolri Sigit Reaksi Keras Soal Kasus Pengeroyokan Yang Dilakukan Kopassus Terhadap Brimob di Papua


MEDIANAGANEWS.COM - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo M.Si angkat bicara terkait kasus bentrokan antara personel Satgas Nanggala Kopassus dan Satgas Amole (Brimob) di Kabupaten Mimika, Papua.


Dia memerintahkan Propam untuk turun tangan memeriksa polisi yang terlibat.


Sigit juga meminta persoalan ini diselesaikan dengan baik dan tuntas agar tidak terulang.

 

“Saya perintahkan ke Kapolda dan satgas untuk lakukan pemeriksaan dan proses disiplin oleh Propam,” kata Sigit kepada awak media, Senin (29/11/2021).


Sigit juga telah meminta Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri berkoordinasi dengan pihak TNI untuk menyelesaikan persoalan ini dengan damai.


“Saya perintahkan Kapolda, segera koordinasi untuk lakukan mitigasi dan proses perdamaian. Agar kejadian ini tidak terulang kembali dan selesaikan segera,” ucap Kapolri


Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit meminta persoalan ini diselesaikan dengan damai.


Dia tidak ingin persoalan ini berlarut karena selama ini sinergi dan soliditas TNI-Polri, khususnya di Papua, selalu harmonis.


Disamping itu, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa juga sudah bicara.


Dia mengatakan Pusat Polisi Militer TNI bersama Pusat Militer TNI AD sedang melakukan proses hukum terhadap semua personel TNI yang terlibat.


Andika mengatakan TNI juga berkoordinasi dengan Polri terkait penanganan persoalan ini.


“TNI juga sudah lakukan koordinasi dengan Polri untuk lakukan proses hukum terhadap oknum anggota Polri yang terlibat dalam dugaan tindak pidana di Timika tersebut,” ucapnya.


Sebelumnya, personel TNI dari Satgas Nanggala Kopassus terlibat bentrok dengan personel Polri yang tergabung dalam Satgas Amole (Brimob) di Kabupaten Mimika, Papua.


Kejadian itu dipicu oleh kesalahpahaman mengenai urusan rokok.


Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri menjelaskan enam personel Brimob sedang berjualan rokok di Pos RCTU Ridge Camp Mile 72, Sabtu (27/11/2021).


Kemudian, 20 anggota Kopassus datang untuk membeli rokok.


“Berawal dari personel Satgas Amole Kompi 3 yang berada di pos RCTU Ridge Camp Mile 72 yang sedang berjualan rokok (6 personel),” ujar Fakhiri saat dimintai konfirmasi, Senin (29/11/2021).


Namun anggota Kopassus komplain mengenai harga rokok. Bentrokan antara Brimob dan Kopassus pun terjadi.


“Selanjutnya, personel Nanggala sebanyak 20 orang membeli rokok dan komplain mengenai harga rokok yang di jual personel Amole Kompi 3 Penugasan,” tuturnya.


“Terjadi pengeroyokan dengan menggunakan benda tumpul dan tajam terhadap 6 personel Amole Kompi 3 Penugasan,” sambungnya.


Fakhiri mengatakan setidaknya lima anggota Brimob terluka dalam kejadian ini. Mereka mengalami luka ringan hingga tergores pisau sangkur.


Setelah itu, Fakhiri membeberkan anggota Brimob yang lain melakukan perlawanan. Mereka juga mengevakuasi lima rekannya yang terluka.


“Selanjutnya personel yang berada di lokasi pos RCTU melakukan perlawanan dan menyisir lokasi kejadian guna menyelamatkan rekan-rekan yang terluka,” terang Fakhiri.


Lebih lanjut, kata Fakhiri, personel Satgas Amole Kompi 3 Penugasan yang datang itu juga melepaskan tembakan peringatan sebanyak dua kali.


Tembakan peringatan dilepaskan saat pengeroyokan berlangsung.


“Dari info yang didapat, Personel Satgas Amole Kompi 3 Penugasan melakukan tembakan ke arah atas sebanyak 2 kali pada saat terjadi pengeroyokan terhadap 6 personel Satgas Amole yang menjadi korban,” katanya. (MNNC/DETIK)