Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Dalam Pagelaran F1 Powerboat, Polda Sumut Dibawah Kepemimpinan Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak Melakukan Pengamanan Humanis


MEDIANAGANEWS.COM, SUMUT - Dalam Pagelaran F1 Powerboat, Polda Sumut dibawah kepemimpinan Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak, M.Si, hingga kini masih tetap melakukan pengamanan secara humanis yang selaras dengan moto Presisi.


Hal tersebut terungkap saat dimulainya pagelaran F1 Powerboat yang dilaksanakan selama tiga hari lamanya, terhitung sejak tanggal 24 - 26 Februari 2023. Untuk kelancaran F1 Powerboat yang digelar di Danau Toba tersebut, dalam hal ini Polri dan TNI berkolaborasi mengamankan situasi Kamtibmas di kota Balige, Sumut.


Berdasarkan pantauan awak media, tampak jelas terlihat masyarakat serta wisatawan yang hendak menuju lokasi venue utama F1 Powerboat turut dilakukan pemeriksaan secara ketat yang disertai dengan keramah tamahan oleh personel Polri.


Adapun dilakukannya pemeriksaan itu, berguna untuk mengantisipasi terjadinya gangguan selama kegiatan balapan perahu motor kelas dunia yang berlangsung di Danau Toba, Sumatera Utara tersebut.


Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak melalui Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, SH, SIK mengatakan, sebagai leading sektor pengamanan, seluruh personel telah disiapkan, baik dari Polri maupun TNI disebar ke sejumlah titik lokasi acara F1 Powerboat yang terbagi dalam 7 (tujuh) Rayon Pengamanan.


"Event internasional ini, sudah tentu jadi tanggungjawab kita bersama terlebih Polri dan TNI. Personel juga diterjunkan ke jalanan dan lorong kecil yang menuju lokasi venue balapan perahu motor, super cepat tersebut. Selain untuk memastikan setiap pergerakan masyarakat, juga berguna untuk menjamin keamanan dan kenyamanan," kata Hadi.


"Memang dalam kegiatan itu kita terus melakukan upaya- upaya preemtif dan preventif untuk menjaga suasana kondusif. Apalagi inikan ada side event. Berdasarkan data, ada 17 lokasi yang sudah disiapkan pemerintah daerah," ungkapnya.


Perwira yang ramah dengan wartawan itu menambahkan, untuk menjamin keamanan para wartawan serta masyarakat telah dipasang lebih enam puluh kamera CCTV di seputaran kota Balige.


"Tujuan dipasangnya puluhan kamera CCTV untuk mengawasi setiap aktivitas masyarakat serta wartawan selama di kota Balige untuk menyaksikan perhelatan akbar F1 Powerboat," pungkasnya. (Rio-PR)