Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Ikuti Upacara Tabur Bunga, LPKA Palu Berikan Penghormatan Tertinggi Kepada Pahlawan Nasional


MEDIANAGANEWS.COM, PALU - Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu berikan penghormatan tertinggi kepada para pahlawan lewat upacara tabur bunga, Selasa (4/4/2023) pagi.


Berlangsung di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kegiatan tersebut diikuti oleh para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) berserta seluruh pejabat struktural dan 10 orang staf dari masing-masing UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi se-Sulawesi Tengah.


Upacara ini juga dihadiri oleh para pimpinan tinggi (pimti) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi, diantaranya Kepala Divisi Pemasyarakatan, Ricky Dwi Biantoro, Kepala Divisi Imigrasi, Syamsul Efendi Sitorus, beserta para pejabat eselon III dan IV kantor Wilayah.



Upacara di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Tatura tersebut berlangsung khidmat yang  diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan dan diikuti dengan hening cipta yang dipimpin oleh Kepala Kepala Divisi Kanwil Kemenkumham Sulteng kemudian dilanjutkan dengan peletakan Karangan bunga di atas makam para pahlawan dan tokoh nasional, dan ditutup dengan penghormatan sebelum meninggalkan lapangan upacara.


“Kegiatan tabur bunga dan ziarah ke makam pahwalan ini merupakan wujud penghargaan terhadap pahlawan-pahlawan yang telah memerdekakan kita, kami semua khususnya seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng berterimakasih dan mendoakan semoga seluruh jasa dan pengorbanan para pahlawan diterima di sisi Allah dan tentunya kami akan meneruskan perjuangan dari mereka-mereka semua,” tutur Ricky.



Sementara itu, Plh. Kepala LPKA Palu, Muh.Anis, menyebutkan bahwasanya untuk membesarkan sebuah bangsa perlu adanya rasa penghormatan kepada para pahlawan nya dan juga mewarisi semangat perjuangan dari pahlawannya tersebut.


“Sebagai generasi penerus jika ingin memajukan negara yang pertama kita lakukan adalah menghormati jasa para pahlawan, Ketika kita menghormati itu, pasti akan timbul rasa tanggung jawab di dalam hati kita untuk melanjutkan perjuangan yang telah mereka lakukan dulu, seperti yang pernah Bung Karno katakan, Bangsa yang Besar adalah Bangsa yang Menghormati Jasa Para Pahlawan nya,” ungkap Anis.


Seusai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan tabur bunga di atas makam pahlawan serta foto bersama Pimpinan Tinggi Kanwil Kemenkumham Sulteng dengan seluruh Jajaran Pemasyarakatan dan Imigrasi yang menjadi peserta upacara pada saat itu. (Rio-PR)