Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Raimuna Hari Ke-4, Anak Binaan LPKA Palu Latih Ketangkasan Bersama Basarnas Kota Palu


MEDIANAGANEWS.COM, PALU - Hari Ke-4 pelaksanaan Raimuna Cabang ke-IX, Anak Binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu ikuti latihan ketangkasan bersama Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kota Palu, Sabtu,(24/6/2023) pagi.


Hal tersebut diketahui saat dua orang anak binaan LPKA Palu yang juga peserta raimuna melakukan helat ke markas Basarnas Kota Palu, Jl. Elang, Kelurahan Birobuli Utara, Kota Palu untuk menerima materi Vertikal Rescue yaitu penyelamatan yang dilakukan pada lokasi - lokasi yang berhubungan dengan ketinggian.


Dengan dampingan dari para petugas LPKA berserta panitia raimuna, Pada kesempatan itu, anak binaan tersebut bersama peserta raimuna lainnya mendapat pembekalan praktek Repling.



Teknik tersebut merupakan kegiatan menuruni ketinggian dengan media tali kernmatle ( biasa disebut tali karmantel ) dari atas ke bawah.


“Fungsi penyelematan merupakan bagian penting dari diri seorang anggata pramuka, latihan repling menjadi salah bentuk pelatihan yang baik dalam memeprkaya ilmu penyelamatan anggota pramuka dalam hal ini penegak,, kemudian untuk anak binaan sendiri ini dapat menjadi bagian dari pembinaan ketermpilan dan fisik bagi mereka dalam pengembangan sumber daya manusia” terang Taufik, Staf Pembinaan LPKA Palu sekaligus Pembina damping Gudep LPKA Palu.



Sementara itu, dalam pelaksanaannya, dua orang anak binaan LPKA Palu tadi pun tanpa takut langsung melakukan repling menuruni papan panjat setinggi 20 meter sesuai dengan instruksi dari basarnas. dengan peralatan lengkap dan gagah, Aksi lincah keduanya pun sontak menarik perhatian dari para peserta juga pihak basarnas secara langsung. 


“Kami sangat mengapresiasi keberanian dari anak binaan LPKA Palu, mereka cepat dan mampu mengambil resiko, kami senang denga adanya kegiatan pramuka seperti ini yang dapat mengikutkan anak-anak yang berhadapan dengan hukum, kami yakin kedepannya mereka akan lebih baik lagi,” Ujar Cahyo, salah satu instruktur Repling Basarnas di lokasi tersebut.


Materi Vertical Rescue ini merupakan salah satu mata acara dalam kegiatan Raimuna tingkat Cabang Kota Palu ke-IX yang berlangsung selama lima hari di bukit Perkemhan Kawatuna. (Rio-PR)