Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Anak Binaan Terlindungi Indonesia Maju, LPKA Palu Ikuti Peringatan HAN 2023 Bersama Jajaran di LPKA Seluruh Indonesia


MEDIANAGANEWS.COM, PALU - Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu peringati  Hari Anak Nasional Tahun 2023 bersama seluruh jajara LPKA seluruh Indonesia, Sabtu (22/7/2023) malam.


Kegiatan tersebut berlangsung secara virtual meeting di ruangan Aula Blok Hunian LPKA Palu yang dihadiri oleh Plh. Kepala LPKA Palu, Antonius Andry, Pejabat Struktural eselon IV dan V LPKA Palu seluruh petugas JFT dan JFU serta para orang tua dari seluruh anak binaan.


Kegiatan ini merupakan bagian dari Acara “Stars of Tomorrow Camp, Community – Based Juvenile Care” dalam rangka momentum Hari Anak Nasional Tahun 2023 dengan mengusung tena "Anak Binaan Terlindungi Indonesia Maju".



Acara ini memuat beberapa kegiatan yang diantaranya pesan-pesan Direktur Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak Ditjenpas RI, Puju Harinto, terkait keistimewaan anak, Makan malam bersama orang tua dan anak,  Motivasi dan Tausiyah Renungan Malam, serta sungkeman.


Antonius Andry selaku Plh, Kepala LPKA Palu, dan Kepala Subbagian Umum mengatakan, Kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan para anak binaan dengan orang tuannya serta memotivasi mereka agar menjadi semangat dalam memperbaiki diri kedepannya.


“Tujuan utama dari konsep peringatan hari anak nasional tahun ini adalah mempertemukan para anak binaan dengan orang tuanya, ini merupakan penrepan dari program Cuti Mengunjungi Keluarga (CMK) bagi anak, harapannya para anak binaan dapat termotivasi menjadi pribadi yang setelah berkumpul denhan keluaga,” terangnya.



Di LPKA Palu sendiri, kegiatan ini oleh para orang tua anak binaan menjadi moment bahagia bagi mereka karena dapat berkumpul bersama anaknya dalam waktu yang lama. Terlihat pada malam itu, Aura kehangatan terpancar dari wajah mereka saat menyantap makan malam bersama dengan anak-anak binaan, bahkan di antaranya ada yang saling suap satu sama lain.


“Bersyukur sekali kami ada kegitatan seperti ini, kami bahagia karena bisa berkumpul dengan anak-anak kami dalam wakut yang lama sehingga kami dapat berbincang banyak, terimkasih kami ucapkan untuk bapak ibu di LPKA Palu yang sudah mengundang kami ke acara ini,” terang siti, ibu dari salah satu anak binaan.



Tak hanya itu, AR, selah satu anak binaan yang di umumkan lolos ke Raimuna Nasional beberpa hari yang lalu juga turut menuturkan kebahagianya di acara ini. Dirinya bahagia karena dapat berbincang lama dengan kedua orang tuanya terkait pengalaman-pengalaman nya di bina di LPKA Palu sampai dia bisa ikut ke ajang nasional tersebut.


“Saya bahagia sekali karena diacara ini saya bisa bercerita banyak dengan mama papa saya tentang saya di bina disini, sama saya bisa ikut ke luar kota mengikuti kegiatan pramuka di tingkat nasional,” senang AR ucapnya.


Kegiatan malam itu pun ditutup dengan sungkeman anak binaan kepada kedua orang tuanya secara serentak seluruh LPKA di tanah air sebagai pertanda maaf mereka atas kelasahan masa lalu dan memohon ridho dan doa dari mereka agar menjadi anak yang sukses di masa depan. (Rio-PR)