Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

O2SN Akan Digelar, Kacabdisdik Wilsu 1 Agust Sinaga: Ajang Ini Untuk Mengembangkan Karakter Profil Pelajar Pancasila Sesuai Kurikulum Merdeka Kemendikbudristek


MEDIANAGANEWS.COM, MEDAN - Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah Sumatera Utara (Sumut) 1 Agust Sinaga secara resmi menggelar rapat pembahasan tentang tehnis pelaksanaan O2SN yang akan datang. Tampak hadir dalam kegiatan ini, para pengurus MGMP PJOK tingkat SMA dan SMK Se-Kota Medan dan Deliserdang. Ketua-Ketua MKKS SMA dan SMK beserta dengan para Kepala Sekolah ikut serta hadir. Selain itu juga tampak dalam kegiatan tersebut, Ketua Umum Igornas Sumut Hendrianto M.Pd.


Dalam sambutannya Kacabdisdik Agust Sinaga turut menegaskan, bahwa guru-guru PJOK bersama dengan para Kepala Sekolah dan seluruh siswa harus mampu mengubah mindset akan O2SN tersebut. Adapun kegiatan ini diketahui sebagai kegiatan sekolah formal yang harus di fasilitasi oleh pihak Dinas Pendidikan bersama sekolah negeri dan sekolah swasta. Karena dengan adanya kegiatan O2SN ini merupakan ajang unjuk keterampilan anak murid.


"Lewat olahraga, anak murid tentunya punya keahliannya masing-masing dan pengembangan aspek baik dari sikap menjunjung sportifitas (menghargai orang lain), disiplin, pengetahuan akan kecabangan olahraga, bahkan mengasah skill anak murid, lewat ajang O2SN dapat dilakukan. Untuk itu saya berulang-ulang menekankan bahwa mindset kita bukan hanya untuk juara saja, tetapi jauh dari hal itu adalah mengembangkan karakter profil pelajar pancasila sesuai kurikulum merdeka yang saat ini telah di terapkan oleh Kemendikbudristek," ungkap Agust Sinaga.


"Adapun persiapan tehnis O2SN yang dilaksanakan pada Kamis (22/2/2024) lalu bertempat di ruang guru SMK Negeri 2 Medan sangat diapresiasi oleh para guru olahraga. Mengingat pelaksanaan O2SN tahun 2023 yang lalu yang digelar ditingkat provinsi kurang memuaskan, dikarenakan para pengurus MGMP dan Igornas Sumut tidak mengetahui akan adanya seleksi yang dilakukan O2SN yang juga merupakan ajang pencarian bibit, bakat-bakat olahragawan dari kalangan pelajar di tingkat SMA/SMK," katanya menambahkan.


"Lewat O2SN ini juga bahwa proses pembelajaran menggali potensi 3 ranah yakni, pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Hal ini merupakan keseimbangan olah pikir, olah rasa dan olahraga menuju pencapaian cita-cita anak murid. Tanggungjawab kita adalah menyiapkan ruang itu kepada anak murid yang merupakan bentuk keberpihakan Cabang Dinas Pendidikan, sekolah dan para guru-guru olahraga sesuai profil Pancasila itu sendiri," pungkas Agust.


Menanggapi perihal tersebut, Hendrianto Sinaga M.Pd yang diketahui merupakan salah satu guru olahraga dan sekaligus sebagai Ketua Umum Ikatan Guru Olahraga Sumatera Utara (Igornas Sumut) turut menyampaikan ungkapan nya.


"Lewat pertemuan pembahasan tehnis kali ini, kami mengharapkan kepada seluruh stake holder, mulai dari Dinas Pendidikan, Cabang Dinas Pendidikan beserta Kepala Sekolah dan Guru-Guru Olahraga agar dapat secara bersama-sama berkolaborasi dengan kecabangan olahraga sebagaimana dalam juknis dari PUSPRESNAS (Pusat Prestasi Nasional) dan BPTI (Badan Pengembangan Talenta Indonesia). Oleh karena itu kami mengajak para guru olahraga daftarkan anak muridnya masing-masing dengan segera dan mengikuti seleksi sehingga prestasi itu tidak dapat dimanipulasi apalagi dibohongi," ucap Hendrianto.


Lebih jauh Ketua Igornas Sumut juga sangat mengapresiasi atas usulannya langsung kepada Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Sumut 1.


"Saya sangat berterimakasih kepada Bapak Agust Sinaga selaku Kacabdisdik Wilayah Sumut 1. Dimana sebelumnya saya telah meminta agar kita semua dapat segera duduk bersama guna menyamakan mindset. Alhasil pak Kacabdis pun menerima masukan dari saya sebagaimana Kacabdis sampaikan dalam rapat tersebut," ujarnya.


"Dipertemuan itu telah di sepakati bersama agar membentuk kepanitiaan O2SN tingkat Kota Medan dan Deliserdang, baik ditingkat SMA maupun SMK," pungkas Hendrianto.


Telah diketahui selaku Ketua Panitia terpilih yakni Dumpang Siregar, S.Pd, AIFO-P, Sekretaris Panitia Hendrianto, M.Pd, AIFO, dan Bendahara Evi Herawati Lubis S.Pd, M.Si. (Rio-PR)