Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Mangkal Bersama Warga, Prajurit Kodim 0206/Dairi Ingatkan Bahaya Covid-19 di Lokasi Pra TMMD



MEDIANAGANEWS.COM, DAIRI - Komsos merupakan kemampuan mutlak yang harus dimiliki setiap prajurit TNI AD,terutama Aparat Teritorial karena Komsos bagian dari metode Binter selain Bakti TNI maupun Binwanwil.


Penajaman Binter melalui Komsos sangat efektif tanpa modal biaya, tetapi sangat berhasil/ampuh ciptakan tujuan Binter di wilayah.


Salah satu tujuan komunikasi sosial adalah untuk membentuk suatu aktualisasi diri pribadi, stabilitas sosial, tertib sosial, penerusan nilai-nilai lama dan baru di masyarakat sehingga dapat memupuk, membina dan memperluas kesadaran bermasyarakat.


Komsos prajurit TNI AD dengan warga binaan merupakan salah satu tujuan untuk menciptakan keakraban antara Babinsa dengan warga binaan serta  mendapatkan informasi situasi yang berkembang di wilayah binaan menyangkut Keamanan dan ketertiban Masyarakat. Dan melalui Komsos Babinsa mampu Deteksi Dini (Deni )dan Cegah Dini (Ceni) segala permasalahan yang ada diwilayah.


Dengan melakukan komsos juga akan terjadi interaksi dan kekompakan antara Babinsa dan warga binaan,seperti yang dilaksanakan personel Kodim 0206/Dairi.


Dilokasi dilaksanakannya Pra TMMD Kodim 0206/Dairi di Desa Aornakan 2 Kecamatan PGGS,Phakpak,Sumut.Personel Kodim 0206/Dairi menjalin kekompakan dan kebersamaan dengan warga setempat.


Mangkal dengan warga disaat istirahat usai melaksanakan pekerjaan fisik pembuatan jalan penghubung baru sepanjang 8 km dengan lebar 8 meter di wilayah Desa Aornakan 2 Kecamatan PGGS menuju Desa Kucupak I Kec. Pergetteng Geteng ,Kabupaten Pakpak Bharat, Sumut,personel Satgas memanfaatkannya dengan Komsos.


Dalam komsosnya,personel Satgas mengingatkan masyarakat agar jangan panik dengan Virus Corona ,karena saat ini ada program Serbuan Vaksinasi TNI yang bisa meningkatkan Imun Tubuh dan menciptakan Herd Imunity agar mencegah masuknya wabah Corona kedalam tubuh kita,"ujar Dandim 0206/Dairi Letkol Arm Adietya Yuni Nurtono,SH melalui Pasiter Letda Ind Maibang,Kamis 2 September 2021.


Terapkan 5M dan selalu memakai masker jika beraktifitas diluaran rumah,guna mencegah penularan wabah Virus Corona.



Dijelaskannya,meski kita (TNI AD) sibuk dengan pekerjaan fisik,yang namanya mangkal bersama warga selalu dimanfaatkan untuk meningkatkam Binter.


"Jadi,prajurit TNI AD selalu memanfaatkan waktu untuk mendukung tugasnya melalui Komsos,"sebutnya.


Saat ini, lanjutnya, personel Satgas mengerahkan alat berat untuk membelah bukit dan membersihkan tanaman hutan Belantara yang ada disekitar lokasi pembuatan jalan antar desa.


Tujuan dibangunnya jalan antar desa selain meningkatkan pendapatan dan perlancar akses transportasi masyarakat petani disini, juga untuk mewujudkan Bintahwil (Pembinaan Pertahanan Wilayah).


"Kita membantu Pemda membangun untuk percepat pembangunan didaerah terisolir lewat program TMMD 112," tegasnya.


Dandim menyampaikan selama puluhan tahun masyarakat dilokasi yang sedang dilaksanakan Pra TMMD Kodim 0206/Dairi tersebut hanya memiliki jalan setapak yang tidak bisa dilalui kendaraan, baik roda dua dan empat.


"Selama ini warga menjual dan mengangkut hasil pertaniannya dengan berjalan kaki sejauh 3 Km. Dengan siapnya jalan nanti masyarakat lebih gampang dan cepat menjual hasil panen pertaniannya. Selain itu hubungan silaturahmi dua desa semakin erat dan kompak," sebut Dandim.


Kodim 0206/Dairi

(Rio-PR)