Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Meskipun Kasus Corona di Sumut Membaik, Namun Medan dan Siantar Masih Status PPKM Level 4


MEDIANAGANEWS.COM, MEDAN - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi telah merilis surat edaran yang menyatakan bahwa sekolah di Sumut boleh melaksanakan proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas.

Namun, pelaksanaan PTM bagi sekolah itu hanya bisa diterapkan di daerah dengan status PPKM level 3 dan level 2 penyebaran Covid-19.

Sedangkan Kota Medan dan Pematang Siantar masih berstatus PPKM level 4, sehingga belum layak untuk diizinkan melaksanakan PTM.

Menanggapi hal ini, Walikota Medan Bobby Nasution mengungkapkan, bahwa implementasi surat edaran itu sudah dibahasnya bersama Gubsu Edy Rahmayadi.

"Tadi pagi juga saya dengan Gubernur sudah diskusi tentang sekolah tatap muka," kata Bobby di Balai Kota, Senin (30/8/2021).

Dia menyebutkan, sampai saat ini Kota Medan belum diizinkan menerapkan sekolah tatap muka. Ia pun mengimbau seluruh satuan pendidikan di Kota Medan untuk saat ini wajib mengikuti aturan itu.

Selaras yang sering dikatakan Gubenur Edy, Bobby menyebutkan masih banyak hal yang harus disiapkan untuk memulai PTM di Kota Medan.

Sebab, hal ini berkaitan dengan keselamatan anak didik.

Kontrol atau pengawasan terhadap anak-anak selama masa pandemi bukan hanya di sekolah, tetapi juga usai keluar sekolah.

Misalnya, saat membeli jajan atau makan siang, saat jam istirahat atau saat menumpang angkutan umum.

"Nah ini yang harus kita pastikan (keamanannya) sehingga belum diperbolehkan tatap muka," ungkap Orang Nomor Satu dijajaran Pemko Medan ini.

Tim gabungan Satgas Covid-19 pun akan tetap melakukan razia rutin guna memastikan seluruh satuan pendidikan, terutama sekolah-sekolah swasta agar mematuhi aturan tersebut.

Sementara itu, berdasarkan pantauan awak media ini, Selasa (31/8/2021), tampak data terakhir pada Satgas Penanganan Covid-19 tertanggal 30 Agustus 2021, angka konfirmasi positif Covid-19 di Medan mencapai 42.982 kasus, bertambah 149 kasus dari hari sebelumnya.

Kemudian angka kesembuhan bertambah 514 menjadi 33.491 kasus, sementara angka kematian naik 15 kasus menjadi 839 kasus.

Kota Medan juga masih menerapkan PPKM level 4 hingga 6 September mendatang setelah diperpanjang sejak 24 Agustus 2021 yang lalu. (Adi Syahputra)/PR