Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Perayaan Natal Warga Binaan Rutan Kelas IIB Humbahas Berlangsung Khidmat dan Sederhana


MEDIANAGANEWS.COM, HUMBAHAS - Ditengah pandemi Covid-19 yang masih melanda saat ini, tak mengurungkan niat Rutan Kelas IIB Humbang Hasundutan (Humbahas) dibawah kepemimpinan Revanda Bangun S.Psi MH selaku Karutan untuk melaksanakan kegiatan perayaan Natal bagi warga binaan nya. Sebanyak 175 warga binaan yang beragama Kristiani di tahanan Rutan Kelas IIB Humbahas, provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengadakan Natal bersama dengan penuh rasa haru. Yang dimana para tahanan tersebut harus merayakan Natal di dalam Rutan karena masih harus menjalani hukuman.


Meski diliputi rasa sedih, warga binaan di Rutan Kelas IIB Humbahas yang merayakan perayaan Natal pada tanggal 11 Desember 2021 tersebut masih tampak merasakan kebahagiaan dan bersukacita lewat lagu-lagu pujian yang dinyanyikan oleh warga binaan setempat dengan bernuansa Natal.


Disamping itu perayaan Natal bersama ini juga tampak dihadiri langsung oleh keluarga warga binaan yang membuat suasana menjadi bersemangat dan hidup.



Revanda Bangun S.Psi MH saat menjabat sebagai Karutan Klass II B Humbahas dikala itu mengatakan bahwa kegiatan perayaan Natal ini rutin diadakan setiap tahunnya.


"Ini merupakan tradisi di Rutan Kelas IIB Humbang Hasundutan, dimana setiap tahunnya kami merayakan perayaan Natal di Rutan Kelas IIB Humbang Hasundutan," ungkap Revanda Bangun kepada awak media saat dikonfirmasi, Selasa (21/12/2021).


Selain itu, Revanda juga menjelaskan bahwa yang mengikuti perayaan Natal pada waktu itu hanya diikuti oleh sebagian warga binaannya yang peruntukannya bagi umat Kristiani.



"Sebanyak 175 dari 860 warga binaan, terkhusus yang beragama Kristen telah mengikuti perayaan Natal. Adapun perayaan Natal kali ini berjalan dengan hikmad dan penuh damai sukacita yang disertai dengan kehadiran keluarga terdekat para warga binaan. Seperti anak dan istri warga binaan juga turut kita undang pada perayaan Natal di Rutan Kelas IIB Humbang Hasundutan di Tahun 2021 ini. Seluruh keluarga tampak antusias mengikuti perayaan Natal dalam Rutan ini dikarenakan keluarga bisa secara bersama sama berkumpul dengan keluarga merayakan Natal walau di dalam penjara," cetus Karutan Humbahas Revanda Bangun.


Revanda juga berharap agar melalui Natal bersama warga binaan dan keluarganya ini dapat membantu ketabahan para warga binaan dalam menjalani masa pidananya.


"Walau acaranya sederhana namun tetap khidmat dan Kasih Natal kiranya mengalir diantara sesama warga binaan," ujarnya.



Sementara itu salah satu dari warga binaan yang bernama Berman Siburian tampak mengaku terharu pada perayaan Natal tahun ini yang diselenggarakan oleh pihak Rutan Kelas IIB Humbahas. Dirinya juga berharap Natal berikutnya dirinya tidak lagi berada di dalam Rutan dan sudah selesai menjalani hukuman agar bisa berkumpul kembali bersama keluarga besarnya.


"Kami ditempat ini bisa berbahagia menikmati suasana Natal yang begitu meriah. Ya meskipun kesedihan tetap ada, tetapi apapun yang terjadi kita tetap siap menghadapi. Sehubungan dengan situasi kondisi saat ini di bulan dua belas merayakan Natal, begitu pun kami bahagia, sungguh sangat bahagia mengikuti perayaan Natal di Rutan ini," pungkas Berman dengan penuh keceriaan.



Turut hadir dalam acara Natal diantaranya yakni anggota DPRD Humbahas, Koramil, Polres Humbahas, organisasi kepemudaan seperti  AMPI dan PP, beserta dengan Karutan dan bersama jajaran petugas dari Rutan Kelas IIB Humbahas juga ikut serta hadir dalam kegiatan acara Natal tersebut.


Acara Natal juga berlangsung diiringi dengan tetap menerapkan pola protokol kesehatan secara ketat seperti mencuci tangan dan memakai masker guna mencegah terjadinya klaster virus baru. Pelaksanaan acara Natal diakhiri dengan momen foto bersama. (Rio-PR)