Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Suasana Haru Menyelimuti Rutan Kelas IIB Humbahas Lepas Revanda Bangun Ketempat Tugas Baru


MEDIANAGANEWS.COM, HUMBAHAS - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Humbang Hasundutan (Humbahas) telah menggelar acara pisah-sambut Kepala Rutan (Karutan) yang lama ke Karutan yang baru. Hal tersebut terungkap saat Karutan yang lama Revanda Bangun S.Psi MH tampak meminta izin undur diri kepada Karutan yang baru Hery Halomoan Simatupang untuk pindah tugas ditempat yang baru.


Adapun acara pisah-sambut tersebut diselenggarakan bertempat di lapangan Rutan Kelas IIB Humbahas, Desa Hutagurgur, Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara (Sumut). Pisah sambut Karutan yang dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 2021 itu berlangsung dengan sederhana dan penuh kekeluargaan.


Suasana haru pun sontak menyelimuti Rutan Kelas IIB Humbahas. Yang dimana warga binaan tersebut harus kehilangan sosok Revanda Bangun S.Psi MH yang dikenal begitu bersahaja dan baik serta ramah terhadap warga binaan Rutan Kelas IIB Humbahas.


Dikesempatan ini Revanda Bangun yang mendapat promosi menjadi Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Khusus Anak Kelas II Palu, Sulawesi Tengah itu telah menyampaikan mohon pamit dan undur diri dari Rutan Kelas IIB Humbahas.


“Kalau ada tutur kata saya yang salah, mohon dimaafkan. Kenanglah yang baik sehingga tali silaturahmi kita tidak putus,” ujar Revanda.


Revanda juga berharap Karutan yang baru dapat membuat yang lebih baik lagi di Rutan Kelas IIB Humbahas.


“Saya yakin, Karutan yang baru, bapak Hery Simatupang bisa membawa kebaikan dan perubahan yang lebih baik di Rutan ini. Saya titip WBP kepada Karutan yang baru. Para WBP agar dilayani dengan baik,” pungkasnya.



Sementara itu Hery Simatupang dalam sambutannya mengaku akan meneruskan program yang baik dari Karutan sebelumnya. Mantan Kalapas III Pangururan itu, mengatakan para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang menjalani masa tahanan berharap semua berjalan lancar dan aman. Terkait hak-hak akan diteruskan sepanjang tidak terbentur dengan aturan.


“Kalau ada masalah, jangan disesali terkait pemberian hak. Hal yang tidak saya suka adalah berantam. Jadi para WBP jangan sampai berantam di dalam rutan. Karena berantam atau melakukan kesalahan dalam menjalani hukuman akan mempengaruhi pemberian hak,” cetus Hery.


Dirinya juga meminta, bahwa selama menjalani masa tahanan/hukuman, para WBP agar tetap menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar.


Di penghujung acara, mewakili pegawai rutan, tampak Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Kelas IIB Humbahas, Manesa Tarigan meyampaikan cendramata berupa ulos kepada Karutan yang lama, Revanda Bangun dan kepada Karutan yang baru, Hery Simatupang.


Kepada Revanda, KPR menyampaikan selamat menjalani tugas di tempat yang baru tanpa melepas tali silaturahmi yang sudah terjalin.


Sementara kepada Hery Simatupang, Manesa Tarigan menyampaikan selamat datang di Rutan Kelas IIB Humbahas. Para pegawai dan WBP mengharapkan bimbingan untuk kebaikan bersama.


“Kami percaya, bapak Karutan yang baru dapat membawa Rutan Kelas IIB Humbahas lebih baik lagi dari sebelumnya. Karutan yang lama sudah berupaya membawa rutan menjadi tempat yang nyaman bagi WBP. Kami yakin, Karutan yang baru akan lebih meningkatkan program yang sudah ada dan membawa rutan kedepannya untuk menjadi yang lebih baik lagi,” pungkasnya. (Rio-PR)