Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Wakili 15 Juta Rakyat Sumut, Gubsu Berikan Penghargaan Kepada Peraih Medali PON XX


MEDIANAGANEWS.COM, MEDAN - Gubernur Provinsi Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menyerahkan bonus senilai Rp11,1 miliar kepada seluruh atlet dan pelatih peraih medali di Pekan Olahraga Nasional (PON) yang ke XX (20) tahun 2021 di Papua.

Hal ini merupakan penghargaan atas perjuangan para atlet yang telah mengharumkan nama Sumut di tingkat nasional. Seluruhnya ada 148 orang yang mendapat bonus pada acara yang digelar di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Senin (27/12/2021).

Pada PON Papua XX, tepatnya pada bulan Oktober lalu, Sumut resmi meraih 10 medali emas, 22 perak, dan 23 perunggu. Masing-masing atlet peraih medali emas mendapatkan bonus Rp250 juta, perak Rp125 juta, dan perunggu Rp75 juta.

Pelatih yang atletnya meraih medali mendapat bonus Rp100 juta (emas), Rp75 juta (perak), dan Rp50 juta (perunggu).

“Totalnya Rp11,1 miliar dan ini menggunakan uang rakyat. 15 juta rakyat Sumut memberikan bonus ini melalui APBD kepada atlet berprestasi dan mengharumkan daerahnya. Jadi kita harus pertanggungjawabkan ini,” tegas Edy.


Selain itu Gubsu Edy Rahmayadi juga mengucapkan terima kasih atas prestasi yang telah ditorehkan para atlet, tentunya hal ini menjadi pembangkit semangat bagi masyarakat Sumatera Utara di tengah pandemi covid 19 karena telah berhasil mengharumkan provinsi Sumut. Apalagi pada tahun 2024, Sumut dan Aceh akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan PON XXI, sehingga prestasi yang telah diraih saat ini dapat memicu prestasi dari cabang olahraga yang lainnya dan diharapkan Sumut akan masuk ke lima besar klasemen perolehan medali.


Sedangkan Komandan Lantamal I saat mendampingi Gubernur Sumatera Utara pada acara penyerahan penghargaan tersebut menyampaikan rasa bangga atas prestasi yang telah diraih hasil jerih payah para atlet tersebut yang berhasil membawa nama harum provinsi Sumatera Utara di pentas olahraga bergengsi tersebut dan berharap agar ke depan prestasi tersebut dapat dipertahankan dan ditingkatkan.


Gubsu juga mengingatkan Sumut akan menjadi tuan rumah PON 2024 bersama Aceh. Edy berharap KONI Sumut bersama Dinas Pemuda dan Olahraga benar-benar melakukan pembinaan agar mendapatkan atlet-atlet yang mampu mengharumkan nama Sumut di level nasional.

“Tahun 2024 kita jadi tuan rumah, Sumut harus jaya dengan atlet-atletnya sendiri. Kita harus evaluasi, tahun 2021 kita pacu scouting, pembinaan, dan infrastruktur. Tahun 2023, atlet-atlet kita sudah siap berjuang dan kita tidak boleh main-main,” seru Gubsu.


Salah satu bonus yang paling besar didapatkan adalah dari pelari asal Asahan, yakni Agustina Mardika Damanik. Agustina berhasil menyabet dua medali emas atletik sekaligus dengan nomor lari 1.500 dan 800 meter. Agustina total mendapatkan bonus sebesar Rp500 juta.

“Saya sangat bersyukur Pak Edy Rahmayadi sangat memperhatikan nasib para atlet. Ini menjadi cambuk bagi kami sebagai atlet untuk bisa berbuat lebih lagi untuk Sumut kedepannya,” kata Agustina.


Penyerahan bonus ini juga dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) Musa Rajekshah, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, Kadis Pemuda dan Olahraga Sumut Ardan Noor, dan Pangkosek Hanudnas III Marsma TNI Mohammad Nurdin, beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumatera Utara lainnya. (AS/Rio-PR)