Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Peduli Sesama, Kapolda Sumut Panca Putra Simanjuntak Santuni Anggotanya Korban Bencana di Toba


MEDIANAGANEWS.COM, TOBA - Kapolda Sumut Irjen Pol Drs R.Z Panca Putra Simanjuntak M.Si didampingi Wakil Bupati Toba, Tonny M Simanjuntak, turun langsung meninjau ke lokasi bencana alam yang terletak di Desa Jangga Dolok, Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba.


Lokasi pertama tepatnya di ruas Jalan Lintas Sumatera, Kapolda Sumut Irjen Pol Panca langsung memerintahkan jajarannya untuk mengindentifikasi penyebab banjir dan longsor yang terjadi akibat dilanda hujan deras tersebut.


Tampak satu unit excavator milik Dinas PUTR Pemkab Toba masih bekerja membersihkan jalan yang sebelumnya sempat membuat arus lalu lintas macet dan membuat kenderaan antri memanjang di kedua arah.


Irjen Pol Panca juga menginformasikan bahwa dirinya membenarkan kejadian tersebut dan sudah menghubungi pihak BWSS di Medan untuk berkoordinasi dengan pemerintah setempat, katanya saat dikonfirmasi oleh awak media, Rabu (21/9/2022).


Lokasi kedua tepatnya di Jembatan Aek Sungai, Jangga Dolok, Panca menemui warga Boru Manurung yang rumahnya ambruk dihantam banjir. Disana Panca memberikan ucapan penghiburan serta memberikan bantuan melalui stafnya.


Lokasi terakhir, Panca mengunjungi satu unit rumah yang juga terkena dampak banjir. Rumah tinggal sekaligus Posyandu setempat dihuni kepala keluarga marga Siagian, anggota Polsek Lumbanjulu.


Tampak kerusakan di bagian dapur dan dinding rumah yang berada di tepi sungai kecil ini. Banyak perabotan dan alat-alat rumah tangga rusak dan berlumpur akibat dilanda banjir besar tersebut pada 27 Agustus 2022 malam yang lalu.


Mengetahui hal itu Kapolda Sumut Irjen Pol Panca langsung memberikan kata penghiburan dan menyemangati sekaligus memberikan bantuan tali asih kepada keluarga Polri di lokasi kejadian pada 28 Agustus 2022.


Sebelum meninggalkan lokasi, Panca didampingi Wakil Bupati Toba, Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, Pj Sekdakab Toba Augus Sitorus, Kepala KPH IV Leo Sitorus, Plt Camat Lumbanjulu, Muspika, PJU Poldasu, Labfor dan Subdit IV Tipiter memberikan keterangan pers.


Ia berharap semua pihak agar secara bersama-sama menjaga alam, sebagai anugerah Tuhan yang indah ini. Kepada Pemkab Toba melalui Wakil Bupati agar segera melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk penanggulangan dan langkah antisipasi berikutnya.


Turut mendampingi Wakil Bupati, Plt Kadis PU Gumianto Simangunsong, Plt Kadis Sosial Sudirman Sirait, Plt Kadis Kominfo Sesmon TB Butarbutar, Kasat Pol PP Harianto Butarbutar dan petugas BPBD Toba.


Hasil pantauan, di lokasi telah diturunkan 3 unit mobil damkar dan personel Pol PP Pemkab Toba membersihkan saluran. Satu Mobil truk sampah Dinas Lindup mengangkut material kayu, tenda pengungsian, dapur umum dan petugas dari Dinsos Toba sudah melayani warga.


Selanjutnya Wabup Toba, Kapolres Toba, Pj Sekdakab dan Plt Kadis Kominfo meninjau lokasi banjir dan ruas jalan desa yang terancam putus di Desa Sibaruang, Kecamatan Lumbanjulu.


Kemudian didampingi Kades Silamosik 1 melanjutkan meninjau tembok penahan sungai yang ambruk di DAS Aek Mandosi, Silamosik 1, Porsea. (Rio-PR)