Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Torehkan Sejarah ! Perempuan Batak Veranita Yosephine Sinaga Dipercaya Menjabat Presiden Direktur Air Asia



MEDIANAGANEWS.COM, SUMUT - Salah satu perusahaan jasa yang bergerak di bidang transportasi udara dengan tarif terjangkau dan terbaik di dunia, PT AirAsia Indonesia Tbk kini resmi memiliki Presiden Direktur yang baru yakni Veranita Yosephine Sinaga. Diketahui bahwa dirinya dipercaya menjabat sebagai Presiden Direktur terhitung sejak Juli 2022 lalu.

Adapun perempuan batak berparas cantik dengan segudang prestasi ini dipercaya dalam mengemban jabatan nya tersebut diketahui menggantikan pejabat yang lama yaitu Dendy Kurniawan.

PT AirAsia Indonesia Tbk mengumumkan penunjukan Veranita Yosephine Sinaga sebagai Presiden Direktur dilakukan menyusul Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di kantor perseroan. 

Sebagai Presiden Direktur PT AirAsia Indonesia Tbk, Veranita Sinaga selain bertanggung jawab atas kinerja dan pengembangan bisnis perseroan, juga menarik investasi baru untuk mendukung bisnis anak perusahaannya yang bergerak di bidang industri penerbangan berbiaya rendah, serta memimpin perusahaan menuju profitabilitas.


Boru Sinaga tersebut mengaku sangat senang ditunjuk sebagai Presiden Direktur PT AirAsia Indonesia Tbk. Dirinya akan mendorong pencapaian trayektori perusahaan untuk menuju profitabilitas dengan memanfaatkan momentum rebound di industri transportasi baik di pasar domestik maupun internasional.

"Saya juga memastikan perusahaan akan terus memainkan peran utamanya dalam mendukung pariwisata Indonesia dan pemulihan ekonomi dengan secara bertahap membuka lebih banyak rute eksisting dan memperkenalkan lebih banyak rute baru yang menarik melalui kolaborasi dengan pemerintah pusat, otoritas lokal, dan pemangku kepentingan," ungkapnya, dikutip MEDIA NAGA NEWS, Kamis (15/9/2022).

Selain Presdir, Veranita Sinaga masih menjabat sebagai Direktur Utama PT Indonesia AirAsia, perusahaan maskapai nasional Indonesia yang berafiliasi dengan grup maskapai penerbangan bertarif rendah terbaik dunia yakni AirAsia. 

Veranita adalah CEO maskapai wanita profesional pertama dan satu-satunya yang menorehkan sejarah di Indonesia, serta sebagai salah satu dari segelintir CEO maskapai wanita se-Asia Pasifik.

Veranita Yosephine Sinaga pernah menerima penghargaan AeroTime Aviation Achievement Award pada tahun 2021 atas dedikasinya untuk memimpin maskapai mengarungi pandemi dan mempromosikan kesetaraan di industri penerbangan.


Sebelumnya Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan M.Si sambut hangat kehadiran Penerbangan Maskapai AirAsia di Bandara Silangit Tapanuli Utara dengan memiliki Rute Jakarta - Silangit.

Pada kesempatan itu Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan bersama Forkopimda dan juga bersama dengan Walikota Medan Bobby Nasution, serta Bupati Serdang bedagai Darman Wijaya, Wakil Bupati Humbahas Oloan Paniaran Nababan, turut menyambut kehadiran CEO Capital A Bapak Tony Fernandes bersama Dirut AirAsia Indonesia Veranita Yosephine Sinaga dalam Penerbangan Domestik Perdana Air Asia Jakarta - Silangit/Silangit - Jakarta di Bandara International Silangit, Tapanuli Utara, Jumat (2/092022).

Adapun type pesawat penerbangan perdana Air Asia yang digunakan tersebut yakni berjenis Airbus 320 yang mempunyai jumlah penumpang untuk penerbangan perdana hari itu sebanyak 134 orang. 

Turut hadir juga dalam Penerbangan Perdana Air Asia Rute Jakarta - Silangit Dirut BPODT Jimmy Panjaitan, SGM Angkasa Pura II Bandara Silangit Ardon Marbun, Rektor IT DEL Arnaldo Sinaga, CEO Tobatenun Kerri Na Basaria, CEO Indonesia AirAsia Veranita Sinaga. 


Dalam sambutannya Bupati Taput menyampaikan Terima kasih untuk penerbangan perdana AirAsia Rute Jakarta-Silangit/Jakarta-Silangit.

"Saya ucapkan selamat datang Kembali Maskapai AirAsia yang sudah hadir di Bandara Silangit. Dulunya dari awal AirAsia mendarat pertama kali di silangit dengan Rute Silangit - Malaysia. Dan sekarang AirAsia kembali melakukan Penerbangan Pertama nya dengan Rute Jakarta - Silangit," ucap Nikson Nababan.

Bupati Taput juga telah menyampaikan permohonan nya kepada maskapai AirAsia untuk membuka penerbangan rute baru.


"Saya mohon kepada pihak maskapai AirAsia terlebih kepada Bapak Tony Fernandes untuk membuka Penerbangan Rute baru yaitu Silangit - Batam/Batam - Silangit, karena banyaknya Masyarakat yang memberikan usulan untuk rute tersebut agar dapat terlaksana di Bandara Silangit," ungkap Bupati.

Diakhir sambutannya Bupati Taput Nikson Nababan menyampaikan untuk tetap konsisten penerbangan AirAsia di Silangit.

"Saya juga menyampaikan untuk konsistensi maskapai AirAsia agar tetap memiliki jadwal penerbangan rutin tiap harinya dengan rute Silangit - Jakarta/Jakarta - Silangit. Terkait harga tiket kiranya dapat lebih terjangkau lagi untuk dipasarkan kepada Masyarakat," pungkas Nikson Nababan dikala itu.


Profil Veranita Yosephine Sinaga

Tepat pada bulan November di tahun 2019 Veranita Yosephine Sinaga sudah dipromosikan menjadi Chief Executive Officer (CEO) AirAsia Indonesia.

Tugasnya memenuhi misi perusahaan untuk tetap terbang dengan harga terjangkau di pasar terbesar di Asean.

Dia menjalin kerja sama dengan pemerintah dan pemangku kepentingan industri di Indonesia.  

Veranita meraih gelar MBA dari INSEAD, dan Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Dia disebut orang yang kuat, pemimpin keragaman dan inklusi. Pada 2016 diakui oleh UN Women dengan penghargaan HeForShe atas karyanya untuk menciptakan dunia yang setara gender.

Veranita bergabung dengan AirAsia setelah menghabiskan lebih dari 18 tahun di industri penjualan barang konsumen yang bergerak cepat (FMCG). 


Sebelum di AirAsia, Veranita Sinaga menjabat sebagai Direktur Penjualan di Kraft Heinz Indonesia, beberapa tahun bersama Danone Waters Indonesia dan British American Tobacco Indonesia.

Pada saat gelaran W20 Summit di Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara, 19-21 Juli 2022, Veranita hadir.

Di sana dia mengabarkan bahwa Airasia akan terbang lagi ke Bandara Silangit, Danau Toba. 

Veranita mengikuti W20 Summit bersama delegasi dari 20 negara G20. Kegiatannya diisi persidangan serta diskusi.

Salah satu agendanya adalah ekskursi, diantaranya dengan berkunjung ke Huta Siallagan di Samosir. 

Women20 adalah Engagement Group dari G20 yang menyiapkan komunike kesetaraan perempuan yang akan menjadi bagian dari komunike negara G20 di Bali pada November 2022. (Rio-PR)