Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Breaking News ! Mubes PPTSB Toga Sinaga Sedunia Ke-XV Resmi Dibuka


MEDIANAGANEWS.COM, MEDAN - Musyawarah Besar Parsadaan Pomparan Toga Sinaga dohot Boruna (Mubes PPTSB) Se-Indonesia Se-Dunia yang Ke-XV resmi dibuka langsung oleh Penasehat PPTSB Pusat Manaek Sinaga, turut didampingi Ketua Umum PPTSB Mangihut Sinaga SH MH bersama dengan Ketua Panitia Mubes XV PPTSB Drs Henron Sinaga, bertempat di Balroom Convention Hall Danau Toba Internasional Medan, Jumat 14 Oktober 2022, pukul 10.29 WIB.


Adapun tema yang dihelat pada Mubes PPTSB Sedunia yang Ke-XV ini adalah "Mengukuhkan Persatuan dan Kesatuan Untuk Kesejahteraan Keluarga Besar Sinaga".


"Dengan ini Mubes PPTSB Ke-XV secara resmi dibuka," ucap Penasehat Manaek Sinaga saat memukul gong tanda diresmikannya Mubes PPTSB Ke-XV.



Melalui Mubes, pihaknya percaya bahwa masyarakat Batak yang tergabung dalam PPTSB Toga Sinaga Se-Indonesia Se-Dunia ini turut serta mendukung program kerja pemerintah terutama di dalam membangun dan menjaga Indonesia untuk dapat bangkit dan pulih bersama.


"Atas nama Penasehat kami menyambut baik diselenggarakannya Mubes PPTSB Ke-XV ini. Semoga silaturahmi diantara kita dapat semakin mempersatukan untuk kekompakan marga Sinaga agar lebih maju kedepan," ujar Penasehat PPTSB Pusat. 



Manaek Sinaga berharap agar keberadaan masyarakat anggota PPTSB secara keseluruhan khususnya peserta Mubes yang ikut serta menyelenggarakan pada hari ini mampu bersinergi dalam menjaga kerukunan demi keutuhan PPTSB.


"Dengan ini saya minta jangan ada yang ricuh apalagi berkelahi khususnya dalam pemilihan Ketua Umum PPTSB kedepannya. Adapun pemilihan ini sesuai AD/RT yang telah kita sepakati bersama dilaksanakan hanya sekali dalam empat tahun. Oleh karenanya bagi siapapun nantinya terpilih sebagai Ketua Umum kiranya pengurus yang lama dapat menerimanya," imbuhnya.


"Melalui momen ini, saya harapkan para peserta Mubes sebagai perwakilan dari tiap-tiap daerah dapat memberikan kontribusi positif dengan meningkatkan program PPTSB untuk kemajuan Toga Sinaga agar menjadi lebih baik lagi kedepannya," harap Manaek Sinaga.



Sementara itu Ketua Umum PPTSB Mangihut Sinaga berharap kiranya Mubes Ke-XV PPTSB kali ini dapat berjalan dengan baik dan sukses sehingga dapat memilih Ketua Umum yang bisa menjalankan amanah dan dapat memberikan kemajuan PPTSB dimasa yang akan datang. 


"Terimakasih saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kesempatan bagi saya untuk boleh hadir dan berbicara disini. Sebelum nya Panitia telah mengundang bapak Menteri Luhut Binsar Panjaitan, bapak Menteri Yasonna Laoly, bapak Menteri Sandiaga Uno. Akan tetapi beliau-beliau tidak bisa hadir dikarenakan adanya tugas-tugas dan situasi politis yang saat ini sedikit agak menghangat di Jakarta. Memang ada beberapa Deputi ditugaskan oleh Menteri, namun kita juga meminta mohon maaf bahwa kita rindu Menteri yang hadir melihat Sinaga memberikan kesejukan itu, itulah yang kita sampaikan mengapa kita menolak utusan Menteri terkait dengan Deputi yang telah ditawarkan. Demikian juga dengan bapak Gubernur Sumatera Utara yang tidak bisa hadir, karena sudah dua kali tertunda beliau untuk melakukan kunjungan kerja berkeliling di Tapanuli Selatan, posisinya sekarang di Madina. Beliau sempat mengatakan kalau boleh saya hadir di tanggal 19 saya siap katanya. Tapi tidak mungkin kita mundurkan Mubes kita hanya gara-gara Beliau. Oleh karena itu sekali lagi kami sangat bangga sebenarnya karena mengingat kebesaran PPTSB ini. Dan mereka juga sudah mengakui bahwa PPTSB ini hebat. Maka saya berani mengundang kehadiran dari pada mereka. Tapi mungkin belum waktunya untuk saat ini. Semoga kita kedepan jika kita tetap bersatu besar Sinaga ini. Jangan kan Menteri, Presiden pun bisa datang untuk kita undang di Acara Kebesaran kita PPTSB yang kita cintai dan banggakan ini," ungkap Mangihut.



"Puji syukur juga layak kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena kasih karunianya kita dapat berkumpul disini dalam menghadiri acara Mubes yang Ke-XV. Tidak terasa PPTSB yang kita cintai ini sudah berumur 60 Tahun telah melaksanakan Mubes yakni sebanyak 15 kali. Seiring perjalanan nya banyak sekali hal yang positif dan menggembirakan bagi Pomparan Toga Sinaga terutama didalam merajut dan mempersatukan diantara Pomparan tersebut. Tentu ini sangat luar biasa dan pantas serta patut kita syukuri untuk berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan juga kepada sahala ni Opunta Toga Sinaga. Bahwa kesatuan kita masih terpelihara dan terjaga hingga sampai saat ini. Bila dibandingkan dengan marga lain sangat jauh seperti yang kita rasakan saat ini. Adapun Mubes XV PPTSB ini dilakukan sesuai dengan Anggaran Dasar PPTSB pasal 36 yang mana pelaksanaannya dilakukan hanya sekali dalam 4 tahun. Oleh karenanya saya ucapkan selamat ber Mubes PPTSB yang Ke-XV, semoga lancar dan sukses serta dapat melahirkan pemimpin yang beramanah terutama untuk kesejahteraan Toga Sinaga sebagai mana visi dan misi kita menuju Organisasi yang Moderen," imbuhnya.



Disamping itu Ketua Umum PPTSB Mangihut Sinaga juga menuturkan bahwa PPTSB hingga sampai saat ini terus mengalami perkembangan baik dibidang sosial, ekonomi maupun adat istiadat lainnya.


"Semenjak Mubes yang Ke-XII di tahun 2010 yang lalu, sangat banyak perubahan yang kita lakukan dalam mewujudkan visi dan misi PPTSB. Yaitu mensejahterakan Pomparan Toga Sinaga. Pengurus telah mampu mengajak seluruh Pomparan Toga Sinaga untuk berubah menuju Organisasi yang Moderen. Bila di era sebelum tahun 2010 bahwa organisasi kita masih berbentuk paradaton. Akan tetapi sekarang sudah jauh berubah, PPTSB kita yang sudah berkembang dari Sabang hingga Merauke. Baik pembentukan Cabang-Cabang maupun Wilayah-Wilayah. Kita juga sudah mampu menyentuh hal-hal sosial yang lain setelah kita mendirikan yayasan yaitu Tosin yang dapat membantu anak-anak yang kurang mampu, anak-anak kita yang berprestasi di sekolahnya yang sudah berjalan sejak tahun 2016 sampai dengan sekarang. Dan ini menjadi suatu program unggulan kita untuk mencerdaskan Pomparan Toga Sinaga agar menjadi kader-kader bangsa maupun calon-calon generasi pemimpin dimasa yang akan datang maupun sebagai generasi penerus PPTSB yang kita cintai ini. Dimana program ini juga sebagai bentuk harga mati bagi kami dikepengurusan yang sudah kita laksanakan. Oleh karenanya bilamana ada anggota PPTSB yang masih belum ada yang tersentuh silahkan menghubungi Ketua Yayasan kita Tosin, karena ada tersedia dan Yayasan Tosin diperuntukkan untuk beasiswa bagi para Pomparan Toga Sinaga yang meraih prestasi disekolahnya. Disamping itu masih banyak kegiatan sosial lain yang kita lakukan, semuanya itu bukan semata-mata karena kehebatan pengurus maupun Ketuanya, namun ini semua terjadi berkat dukungan para stakeholder marga Sinaga beserta dengan para penasehat dan pengurus lainnya," pungkas Mangihut menambahkan.




Disamping itu Ketua Panitia Mubes Ke-XV PPTSB Toga Sinaga Drs Henron Sinaga turut menyampaikan laporan pertanggung jawabannya tentang pelaksanaan Mubes kepada seluruh peserta yang hadir pada acara Mubes tersebut.


"Adapun dasar kegiatan pelaksanaan Mubes PPTSB yang Ke-XV ini berdasarkan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga PPTSB. Kemudian berdasarkan hasil rapat kerja nasional pada tanggal 29 Januari 2022 yang menetapkan keputusan untuk sebagai kepanitiaan Mubes Ke-XV PPTSB. Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Pusat PPTSB No.02/022/S.Kep PP PPTSB/No.3 Tahun 2022 tentang penunjukan Kepanitiaan Mubes Ke-XV Tahun 2022. Yang bertujuan bahwa Mubes adalah sebagai keputusan tertinggi PPTSB dengan melakukan evaluasi pelaksanaan program PPTSB Masa Bakti 2018-2022, melaksanakan pemilihan pengurus pusat PPTSB Masa Bakti 2022-2026, dan mempersiapkan maupun menetapkan program kerja PPTSB Masa Bakti 2022-2026, serta percepatan pencapaian visi dan misi tujuan dari pada PPTSB. Besar harapan kami panitia, kita semua dapat melaksanakannya dengan sebaik-baiknya," ujar Henron Sinaga.



"Adapun kegiatan pelaksanaan Mubes yang dilaksanakan selama 4 hari lamanya yakni dimulai dari tanggal 13-16 Oktober 2022 ini, dari 18 Wilayah dan 137 Cabang yang terdaftar di PPTSB hadir sebagai perwakilan  Mubes hingga hari ini. Diantaranya yakni sebanyak 17 orang dari pengurus pusat, peserta sebanyak 237 orang. Perencanaan anggaran biaya untuk kegiatan persiapan dan pelaksanaan Mubes PPTSB Ke-XV disusun berdasarkan hasil rapat Panitia Mubes dengan rancangan anggaran biaya sebesar Rp.1,3 Miliar. Adapun dana tersebut didapatkan bersumber dari kontribusi pengurus Wilayah PPTSB sebesar Rp.6 Juta per Wilayah dan per Cabang, selanjutnya berasal dari para Donateur yang sifatnya tidak mengikat dari Keluarga Besar Toga Sinaga. Sehubungan dengan itu kami atas nama Panitia mengucapkan terimakasih banyak kepada semua Cabang maupun Wilayah dan juga para Donateur kami yang telah membantu dalam mensukseskan program kegiatan Mubes PPTSB yang Ke-XV ini. Semoga rezeki bertambah dan diberikan kesehatan bagi semuanya. Kiranya Tuhan selalu menyertai Keluarga kita Usaha kita dimana pun berada," ucap Ketua Panitia tersebut.


"Dan dalam hal ini kami juga menyadari segala kekurangan kami, tak ada gading yang tak retak, sodara-sodaraku apabila ada yang kurang berkenan ataupun menyinggung perasaan sodaraku semua, saya atas nama pribadi maupun seluruh panitia memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta Mubes yang ikut serta hadir dalam melaksanakan kegiatan Mubes PPTSB yang Ke-XV ini. Sekali lagi terimakasih kami ucapkan kepada seluruh anggota PPTSB yang ikut serta mendukung dalam rangka mensukseskan kegiatan Mubes ini. Kiranya Tuhan senantiasa Memberkati kita semuanya. Horasss !!!," tutup Henron Sinaga selaku Ketua Panitia Mubes.



Tampak acara Mubes PPTSB yang KE-XV ini yang diselenggarakan di Convention Hall Danau Toba Internasional Medan berjalan sukses dan lancar yang disertai dengan suasana penuh kegembiraan dalam balutan kasih sukacita diantara sesama Keluarga Besar Toga Sinaga peserta Mubes yang hadir.


Selain itu acara Mubes PPTSB Ke-XV ini juga turut disertai dengan kehadiran para artis ibukota dari berbagai daerah, diantaranya yakni Dompak Sinaga, Vanda Hutagalung, SP2 Voice (Bere Sinaga), Ceesta Voice (Berlin Sinaga Trio), Uchy Sinaga dan Amora Voice (Yeni Sinaga Trio) beserta dengan artis batak lainnya turut serta hadir dalam memeriahkan acara Mubes. (Rio-PR)