Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Ini Kata Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly Saat Menghadiri Mubes PPTSB Ke-XV di Medan


MEDIANAGANEWS.COM, MEDAN - Disela-sela kesibukannya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia (Menkumham RI), Prof Yasonna Hamonangan Laoly SH M.Sc Ph.D, turut serta menyempatkan diri untuk menghadiri Musyawarah Besar Parsadaan Pomparan Toga Sinaga dohot Boruna (Mubes PPTSB) yang Ke-XV, bertempat di Convention Hall Danau Toba Internasional Medan, Sumatera Utara, Sabtu (15/10/2022), sekira pukul 18.30 WIB.


Dalam sambutannya Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly memuji PPTSB sebagai salah satu organisasi yang solid dan kompak di Indonesia bahkan di dunia.


“Saya melihat kekompakan Marga Sinaga betul-betul tampak jelas terlihat. Berdasarkan representasi disini, saya melihat solid, dang marbadai, dan aklamasi,” ucap Yasonna Laoly dari podium yang disertai dengan ratusan tepuk tangan dari seluruh peserta yang hadir dalam Mubes PPTSB yang Ke-XV tersebut.



Selain itu Yasonna Laoly juga turut serta mengapresiasi Marga Sinaga pada pertemuan Mubes tersebut. Dirinya menganggap bahwa menjadi suatu kehormatan kepadanya karena di undang dan bisa menyempatkan diri untuk bertemu dengan para tokoh-tokoh Marga Sinaga dari berbagai daerah Se-Indonesia.


“Banyak perkumpulan – perkumpulan marga berganti pengurus, kalau kalah, bikin organisasi tandingan. Tapi kalau disini saya lihat masih adanya tercipta kekompakan dari seluruh Marga Sinaga. Luar biasa,” pungkas Yasonna Laoly.


Yasaona berharap kiranya PPTSB juga bisa memberikan kontribusi pelestarian terhadap budaya Bangsa. Marga Sinaga diyakininya akan memberikan kontribusinya sesuai dengan bakat dan talenta kepada Bangsa dan Negara.


"Kalau nanti Danau Toba sudah maju, saya berharap kiranya akar budayanya tetap kokoh. Kebudayaan di sekitar Danau Toba harus bisa terjaga dengan baik, jangan kehilangan budaya Bataknya, dan santun serta ramah terhadap seluruh para tamu yang datang berkunjung ke Danau Toba, baik itu yang datang dari berbagai daerah Se-Nusantara bahkan tamu yang dari luar negeri harus bisa kita sambut dengan baik, agar Danau Toba tetap Mendunia," kata Yasonna Laoly yang juga diketahui merupakan putra kelahiran Sorkam Tapanuli Tengah Sumatera Utara ini.



Usai memberikan kata sambutannya, Menteri Yasonna Laoly diminta untuk bernyanyi. Yasonna pun langsung menyambutnya dengan baik dan bersahaja serta meminta agar nyanyian lagunya tersebut dapat dilelang untuk disumbangkannya ke Kas PPTSB.


Adapun persembahan lagu yang dinyanyikannya itu berjudul Boru Panggoaran. Yang dipandu langsung oleh Ketua Umum Demisioner PPTSB periode 2018-2022, Mangihut Sinaga, lagu Batak ciptaan Tagor Tampubolon itu di lelang sebesar Rp.120 Juta yang berasal dari para peserta yang hadir dalam Mubes PPTSB yang Ke-XV di Convention Hall Danau Toba Medan Sumatera Utara.



Tidak hanya sampai disitu, Menkumham RI Yasonna Laoly usai menyumbangkan suara emasnya tersebut, turut disematkan sebuah cenderamata berupa Ulos dari PPTSB.


"Asa andor hadukka ma inna togu-togu ni lombu andor hatiti ma inna togu-togu ni horbo, penggeng saur matua ma Damang Menteri nami mangabing-abing pahompu sahat tu na marnini sahat tu na marnono," pungkas Mangihut Sinaga saat memberikan sambutannya pada penyerahan Ulos tersebut kepada Menkumham Yasonna Laoly. (Rio-PR)