Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Resmi Dilantik Sebagai Ketum PPTSB Toga Sinaga, Ir Edison Sinaga : Dang Marisuang Molo Sada Do Rohanta


MEDIANAGANEWS.COM, MEDAN - Perjalanan panjang Musyawarah Besar Parsadaan Pomparan Toga Sinaga dohot Boruna (Mubes PPTSB) yang Ke-XV, yang berlangsung selama tiga hari lamanya, kini berakhir dengan kemenangan Ir Edison Sinaga sebagai Ketua Umum PPTSB yang terpilih secara aklamasi.


Ir Edison Sinaga telah resmi dilantik menjadi Ketua Umum PPTSB Periode 2022-2026. Adapun pelantikan tersebut tampak jelas terlihat saat tongkat estafet kepemimpinan sebagai uluan (Orang Nomor Satu) di organisasi PPTSB Toga Sinaga Sedunia resmi diserahkan kepada Ir Edison Sinaga, pada Minggu (16/10/2022), bertempat di Convention Hall Danau Toba Internasional Medan, Sumut.


Tongkat estafet kepemimpinan itupun diserahkan langsung oleh para pemangku adat kepada Ir Edison Sinaga selaku Ketua Umum (Ketum) PPTSB yang baru dihadapan seluruh pengurus pusat beserta dengan para peserta ratusan orang yang hadir dalam kegiatan acara pelantikan tersebut.



Pada pelantikan yang diawali dengan ibadah kebaktian ini, Ketum PPTSB Se-Indonesia Sedunia Edison Sinaga menyampaikan kata sambutannya di hadapan seluruh peserta yang hadir, turut didampingi oleh istri Reni Boru Siagian beserta dengan kedua anaknya.


"Terimakasih saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas diberikan Nya kesempatan untuk kita boleh berkumpul bersama dalam pelantikan ini. Terkhusus kepada Abang Ketua Umum Demisioner Periode 2018-2022 (Mangihut Sinaga) yang mengatakan Unang Marisuang. Abang telah garis bawahi itu kepada saya. Begini ya bang, saya pastikan Dang Na Laho Marisuang Molo Sada Do Rohanta. Taringot tu riak-riak ni kepemilihan biasa doi, ya biasa nya itu, berkali-kali saya katakan ke OC dan SC cuma tiga harinya pesta atau pun Mubes kita ini. Sesudah nya kita harus bersatu. Jadi pos ma roham dah abang dah, mantan Ketua Umum nami. Saya berjanji akan membuat yang terbaik. Kemudian pesan Abang sebelumnya kepada saya juga telah mengatakan bahwa amati dan cermatilah PPTSB ini. Tentu hal itu tidak bisa dipungkiri, dimana saya harus belajar juga, ai godang do sifat-sifat ni akka hita na mar PPTSB on. Ada yang warnanya merah, ada yang warnanya kuning dan ada pula yang warnanya biru. Jadi bah ikhon jonjong ma hape iba rata di semua warna," ungkap Edison Sinaga.



"Tuturi hamu ahu Amang Inang, Amangtuahu, Inangtuahu, Amangudahu, Inangudahu, Opunghu. Tuturi hamu, denggan ahu tuturi hamu. Alai pangidoanhu molo manuturi langsung ma nian tu jolma na. Tarbuka do ahu Amang dah, tuturi hamu ahu. Molo adong na laho mangalean usul na boha asa mambaen denggan punguan nta on tuturi hamu ahu. Ai marsiajar do pe iba, ai on do pe jonjong iba sebagai uluan di punguan PPTSB na bolon on, on do pe. Alai unang ma di Medsos, ai bahaya doi. Tuturi hamu ahu, secara pribadi saya tidak ada masalah. Adong Amangudahu dison dipangiot ahu, yang mengatakan bahwa kesalahan sedikit bisa membahayakan semua orang. Jadi pangidoanhu molo adong akka masukan langsung WA, langsung telepon. Tuturi hamu ahu, saya terbuka, saya sangat terbuka orangnya. Jadi pangidoanhu di Damang dohot Dainang dison, Natua-Tua hu, penasehat dison, pengawas dison, pembina dison, sude hamu na dison, pos do rohaku padalanthon PPTSB on," ujar Edison Sinaga menambahkan.


Selain itu Ketua Umum PPTSB yang baru terpilih, Edison Sinaga, juga turut menyampaikan rasa terima kasihnya yang tak terhingga kepada seluruh para panitia pelaksana, baik di bidang Organizing Committee (OC) maupun di bidang Steering Committee (SC), beserta dengan seluruh peserta Mubes PPTSB yang Ke-XV bersama dengan para tamu undangan lainnya.



"Kepada Steering Committee (SC), saya ucapkan Mauliate Godang dah, di tim yang solid yang kalian berikan untuk suksesnya Mubes PPTSB kita ini. Juga kepada Organizing Committee (OC), saya ucapkan mauliate dah, solid do hamu par Medan on bah, tanda do hamu pemilik Kota Medan on, diamanhon hamu do sude. Sekali lagi saya sampaikan terimakasih buat kita semua, dukunglah kami Amang Inang, pengurus PPTSB Pusat periode 2022-2026. Supaya kita PPTSB ini semakin sukses dan semakin dikenal orang. Kalau saya kemarin di depan pak Laoly diijinkan bicara, sebetulnya kita sudah bisa jadi Gubernur. Kalau kita jadi dikasih pulau. Babel itu cuma 1,4 juta koq penduduk nya, udah ada satu gubernur, sesederhana itu. Bengkulu 1,9 sementara kita 1,2 juta loh. Cuman kesempatan ini bisa kita manfaatkan atau tidak. Jadi ikhon sada ma rohanta tu dolok tu toruan, akka namar haha anggi asa boi hita lam Marbungaran di Indonesia on. Songoni majo hata hu tu hamu saluhut dohot di sude hita punguan Pomparan ni Toga Sinaga na adong di liat portibion. Horas ma dihita saluhutna. Mauliate !! ," pungkas Edison Sinaga.



Usai memberikan kata sambutannya tersebut, kemudian Ketua Umum PPTSB yang baru Edison Sinaga langsung menutup acara Mubes PPTSB yang Ke-XV.


"Karena acara Mubes sudah selesai dan acara pelantikan juga sudah berlangsung dengan baik, maka dengan ini saya sebagai Ketua Umum PPTSB terpilih Periode 2022-2026 saya nyatakan Mubes PPTSB Ke-XV resmi ditutup," ucapnya sembari mengetok tongkat pusaka kebesaran Toga Sinaga itu ke lantai sebanyak tiga kali, tanda ditutupnya Mubes PPTSB yang Ke-XV secara resmi.


Acara pelantikan berlangsung dengan baik, lancar dan sukses, yang disertai dengan suasana hiburan dari para artis ibukota ternama. Selain itu juga tampak secara keseluruhan acara demi acara, baik itu acara Mubes dan Pelantikan Ketua Umum PPTSB yang baru Edison Sinaga beserta jajarannya turut serta dihadiri langsung oleh Bupati Dairi Dr Ir Eddy Keleng Ate Berutu M.A beserta dengan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH MH. Begitu pun kesatuan dari TNI-POLRI yang berasal dari keturunan Marga Sinaga juga ikut serta berpartisipasi dalam pengamanan selama Mubes dan Pelantikan berlangsung. (Rio-PR)