Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Sebanyak 1.500 Personel Gabungan Akan Diturunkan Amankan F1H2O di Danau Toba


MEDIANAGANEWS.COM, MEDAN - Sebanyak 1.500 personel gabungan diterjunkan untuk melakukan pengamanan Kejuaraan Dunia F1 Powerboat atau F1H20 yang akan berlangsung di Danau Toba 24 -26 Februari 2023.


Hal tersebut disampaikan Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, saat Rapat Koordinasi (Rakor) lanjut persiapan F1H2O di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jendral Sudirman Medan, Kamis (19/1). “1500 personel gabungan, tapi masih terus kita hitung personel gabungan (sesuai dengan kebutuhan),” kata Panca.


Panca mengatakan, untuk tim gabungan terdiri TNI/Polri, Dinas Perhubungan, Basarnas dan stakeholder terkait. Untuk Ketua Pengamanan F1H2O dijabat oleh Kabaharkam Polri, Komjen Pol Arief Sulistyanto. Kemudian, Wakil Ketua I Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin dan Wakil Ketua II Kapolda Sumut Irjen Pol. RZ Panca Putra Simanjuntak.


“Untuk kesiapan pelaksanaan dan kesiapan rencana pengamanan terus dipersiapkan dengan berkoordinasi dengan Mabes Polri,” ungkapnya.


Panca mengungkapkan, Mabes Polri akan menurunkan peralatan keamanan dari CCTV dan helikopter untuk men-support pengamanan pada event seri pembukaan F1 Powerboat World Championship tahun 2023.


“Saya juga sudah melaporkan ke pak Kapolri dan bapak Kabaharkam selaku ketua pengamanan. Mabes Polri akan men-support satu helikopter untuk membantu helikopter yang ada dibantu dari SAR kalau kita melakukan evakuasi dari udara,” ujarnya.


Ia menambahkan, selain helikopter milik Mabes Polri, akan dikerahkan milik Kodam I Bukit Barisan, Polda Sumut dan Basarnas selama event berlangsung.


“Venue-venue tinggal teman-teman dari PUPR melakukan penyelesaian. Akan dilakukan rekayasa jalan untuk tamu VVIP, VIP dan masyarakat umum, jalannya berbeda. Saya harap minggu sudah dilakukan uji coba,” pungkasnya. (Rio-PR)