Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Pastikan Pembinaan Tidak Terlambat, Satu Orang Anak Binaan LPKA Palu Jalani Litmas Awal


MEDIANAGANEWS.COM, PALU - Guna memastikan proses pembinaan terhadap anak binaan tidak terlambat, Satu orang Anak Binaan Pemasyarakatan, Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Jalani Penelitian Kemasyarakatan (Litmas), Jum’at (31/3/2023).


Litmas tersebut dilakukan oleh Pembimbing Kemasyarakatan (PK), Suwanto, dari Balai Pemasyarakatan (Bapas) Palu, yang dilangsungkan di ruangan kerja Pembinaan LPKA Kelas II Palu


Lebih lanjut, Litmas Awal ini bertujuan untuk mengetahui layar belakang hidup anak binaan guna memberi gambaran perihal program pembinaan seperti apa yang cocok diberikan untuk anak binaan tersebut.



“Dilakukannya litmas awal ini untuk mengetehaui seperti apa pribadi seorang anak binaan ini sehingga kami bisa membuatkan program yang cocok untuk anak binaan ini, juga ini menjadi bahan penilaian kami nanti kepada anak binaan tersebut,” ujar Suanto.


Ikut mendampingi jalannya Litmas, Staf Pembinaan, Riski Fandu, juga menyampaikan hal yang sama, dimana hasil dari Litmas sangat dibutuhkan dalam berjalannya program pembinaan.


“Tentu saja litmas begitu penting untuk anak binaan, karena kami diseksi pembinaan ini tidak bisa sembarangan menjalankan suatu program pembinaan kepada anak binaan tanpa melihat hasil litmasnya,” terang Fandu.


Sementara itu, untuk diketahui, Kegiatan Litmas sendiri terdiri dari pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk menentukan program pembinaan yang akan diberikan untuk narapidana, yang mana data litmas akan digunakan dalam Pelaksanaan Sidang TPP. (Rio-PR)