Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Luhut Binsar Panjaitan Minta Pemda Tidak Menutup-nutupi Data Kasus Covid-19


MEDIANAGANEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meminta pemerintah daerah (pemda) terbuka terkait data mengenai kasus Covid-19 di daerahnya. Hal ini berguna untuk bisa menyikapi kebijakan yang tepat guna menekan penularan terhadap virus tersebut.

Hal itu disampaikan Luhut saat dirinya meninjau langsung beberapa fasilitas isolasi terpusat (isoter), sentra vaksinasi dan berdialog dengan masyarakat di kawasan Kota Malang dan Kota Batu, Jawa Timur pada Jumat (13/8/2021).

Ia menjelaskan, dengan semakin masifnya upaya pemerintah untuk melakukan proses 3T atau testing (pemeriksaan), tracing (pelacakan), dan treatment (pengobatan), vaksinasi, fasilitas isoter, serta pengadaan peralatan pengobatan, maka Pemda diminta untuk tidak menutup-nutupi data terkait Covid-19.

"Saya titip kepada pemda enggak perlu ada angka-angka yang ditutupi. Biar saja dibuka, itu masalah kita rame-rame kok. Enggak ada yang salah, yang salah kalau kita tutupi, kalau kita patuh dengan protokol itu pasti (angka kasus aktif) turun," ujarnya kepada awak media yang dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (13/8/2021).

Luhut menganggap, pandemi Covid-19 bisa diatasi jika adanya kerja sama setiap pihak, tak terkecuali pemda dan masyarakat. Ia mencontohkan, seperti upaya pemerintah untuk mengkarantina penderita Covid-19 di fasilitas isolasi terpusat (isoter) Buleleng, Bali sehingga wilayah tersebut relatif aman.

"Jadi jangan khawatir mengenai angka (kasus aktif), biar saja tinggi, nanti kalau sudah kita obati pasti turun," kata mantan Jenderal TNI berbintang empat ini.

Menurut Luhut, alasan perlunya penderita Covid-19 dirawat di fasilitas isoter karena untuk kasus dengan gejala sedang hingga berat bila ditangani di rumah bisa berakibat fatal. Sedangkan, di fasilitas isoter dokter, perawat, tenaga kesehatan (nakes) lainnya hingga obat-obatan tersedia secara gratis.

Maka dengan adanya fasilitas isoter orang yang terpapar Covid-19 bisa sedini mungkin ditangani, sehingga tidak menularkan ke keluarga lainnya yang sehat karena telah dipisahkan sementara waktu guna untuk pemulihan.

"Kalau di rumah kan obatnya belum tentu ada, dokter enggak ada, nakes enggak ada, pengukur saturasi oksigen tidak ada," ujar Koordinator PPKM Jawa-Bali itu.

Di sisi lain, ia mengingatkan, bahwa kebanyakan pasien Covid-19 yang mengalami gejala berat hingga akhirnya meninggal adalah yang belum menerima vaksin. Sehingga, Luhut menekankan, betapa pentingnya masyarakat untuk menerima vaksin Covid-19.

Oleh sebab itu, Luhut meminta dengan sangat kepada masyarakat agar apabila telah terjangkit Covid-19 segera masuk ke fasilitas isoter. Selain itu, Luhut Binsar Panjaitan meminta pula untuk masyarakat agar bisa mematuhi semua kebijakan pemerintah demi menangani pandemi Covid-19 ini.

"Jadi saya mohon bapak-ibu sampaikan ke keluarganya melalui WhatsApp, kalau saya sudah sampaikan bahwa kalau kena, tidak perlu malu, masuk saja di isoter," pungkasnya. (Rio-MNNC/KC)