Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Selamat dan Sukses ! Gubernur Sumut Edy Rahmayadi Resmi Melantik Rizky Yuanda Sitepu Menjadi Wakil Walikota Binjai


MEDIANAGANEWS.COM, MEDAN -
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi resmi melantik Rizky Yunanda Sitepu SPT MP sebagai Wakil Wali Kota Binjai periode 2021-2024.

Adapun pelantikan ini dilaksanakan bertempat di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut di Medan, Rabu (6/10/2021).

Sebelumnya, pelantikan dilakukan pada Senin (4/10/2021) lalu. Namun karena kondisi kesehatan Edy Rahmayadi yang kurang baik pelantikan pun menjadi tertunda.

Dalam sambutan pada prosesi pelantikan ini, Edy memberikan pesan dan nasehat kepada pemimpin daerah yang baru.

“Wakil kalau saya ibaratkan dia itu leher. Sedangkan kepala itu miliknya orang nomor satu,” kata Gubernur Edy Rahmayadi.

Dirinya menjelaskan, dalam analogi itu, kepala dan leher harus bisa saling bekerja sama dengan baik.

Menurut orang nomor satu di jajaran Pemprovsu ini, kepala atau leher harus memahami peran dan fungsinya masing-masing.

“Kalau lupa, dia menelan ikan yang ada tulangnya, menusuk dia di leher, yang sakit juga kepala,” kata Edy.

Edy Rahmayadi juga berpesan agar seorang wakil lebih tahu diri dan menyadari bahwa posisinya bukan yang utama, melainkan sebagai orang nomor dua.

“Kalau pintar, jangan sok pintar,” kata Gubernur Sumut.

Melalui nasehat dan analogi yang disampaikan, Edy Rahmayadi berharap wali kota dan wakilnya bisa lebih harmonis dalam menjalankan pemerintahan.

Sebab, menurut Edy, berdasarkan sejumlah pengalaman, hubungan antara wali kota atau bupati dengan wakilnya, kerap terjadi berjalan harmonis hanya tiga bulan. Selebihnya, terjadi keributan antara wali kota atau bupati dengan wakilnya. Kondisi ini dikhawatirkan akan menghambat pembangunan di daerah.

Edy meminta agar setiap kepala daerah bisa menjalin komunikasi dengan baik. Jika ada masalah, maka segera diselesaikan bersama, bukan bergerak sendiri-sendiri.

“Inti yang saya katakan adalah kesetiaan. Anda disumpah. Jadi saling menjaga. Harmonis adalah satu-satunya jalan untuk keberkahan Tuhan agar kalian bisa membangun Kota Binjai dengan baik,” kata Edy Rahmayadi.

Adapun Rizky Yunanda Sitepu merupakan anak dari mantan Bupati Langkat dua periode, Ngongesa Sitepu. Perlu diketahui, Rizky Yuanda Sitepu STP MP berhasil duduk sebagai orang nomor dua di Kota Binjai setelah menang pada pemilihan wakil Wali kota Binjai di DPRD Binjai.

Sebelumnya, Wali Kota Binjai Juliadi meninggal dunia akibat terpapar Covid-19. Posisi Juliadi kemudian digantikan oleh wakilnya, Amir Hamzah.

Usai prosesi pelantikan, Wakil Walikota Binjai Rizky Yuanda Sitepu mengatakan, apa yang dikatakan Gubernur Sumut bapak Edy Rahmayadi tersebut merupakan pelajaran yang berharga.

Nasehat semacam itu juga kerap didengar dari Ayahnya Ngogesa Sitepu yang pernah menjadi kepala daerah (Bupati Langkat) dua periode.

“Saya selalu diperingatkan, jangan terlalu mendahului yang namanya kepala. Jadi mudah-mudahan kami tidak pernah ada masalah,” kata Rizky kepada awak media. (Rio-PR)