Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Ronal Manalu Pasca Dilantik Sebagai Kepala Desa Aek Raja Terpilih Langsung Persiapkan Program Kerjanya, Berikut Ulasannya !


MEDIANAGANEWS.COM, KAMPAR RIAU - Menjadi Kepala Desa Aek Raja yang baru membuat jiwa raga sosok Ronal Manalu cinta tanah air semakin terpanggil guna mengabdikan dirinya dalam pelayanan terhadap kepentingan masyarakat banyak. Hal itu terbukti pasca dirinya dilantik sebagai Kepala Desa Aek Raja pada tanggal 22 Desember 2021 kemarin, tampak Ronal Manalu saat bertemu dengan masyarakat setempat beserta awak media sedang asik memaparkan program kerjanya untuk 5 tahun ke depan, Sabtu (8/1/2021).


Dalam kesempatan itu, sebagai bentuk apresiasinya pertama sekali Ronal Manalu menyampaikan rasa syukurnya terhadap Tuhan Yang Maha Esa sekaligus kepada masyarakat setempat yang telah memilih dirinya untuk memimpin Desa Aek Raja dalam mewujudkan perubahan yang lebih baik lagi kedepannya.


"Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas dilantiknya saya sebagai Kepala Desa Aek Raja. Dan tidak lupa saya juga turut ucapkan terimakasih banyak kepada seluruh masyarakat saudara saudari ku sekalian warga Desa Aek Raja yang telah memberikan kepercayaan nya kepada saya untuk membangun Desa Aek Raja yang kita cintai dan banggakan ini dalam 5 tahun kedepan. Semoga tugas dan tanggung jawab ini dapat saya jalankan dengan sebaik-baiknya sesuai amanah yang telah diberikan kepada saya tentunya semata-mata untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Desa Aek Raja," ucap Ronal Manalu kepada awak media ini saat dikonfirmasi, Rabu (12/1/2021).



Selain itu beberapa program kerja tampak telah dipersiapkan. Sesudah terpilih menjadi Kepala Desa Aek Raja, Ronal Manalu langsung jemput bola guna menyusun program kerjanya baik itu dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

 

Adapun program kerja yang turut dipaparkan sebagai berikut :

1. Pembangunan Kantor Desa Permanen.

Dalam hal ini, Ronal Manalu memberikan ulasannya untuk memasukan rencana pembangunan Kantor Kepala Desa menjadi program jangka pendek. Ronal memaparkan bahwa selama ini Kantor Desa Aek Raja masih di rumah kepala desa yang menjabat. Hal ini tentunya membuat akses warga yang hendak mengurus sesuatu ke Kantor Desa menjadi tidak efektif. Penyebab salah satunya yakni adanya keengganan warga jika harus masuk ke dalam rumah Kepala Desa guna mengurus sesuatu. Ronal juga menegaskan bahwa rencana pembangunan Kantor Desa Aek Raja tersebut nantinya akan berguna demi keamanan Arsip Desa dan untuk pelayanan yang lebih baik lagi kedepannya.



2. Pengembangan Sektor Pertanian.

Mengingat warga Aek raja adalah mayoritas petani sawah, Kepala Desa Aek Raja Ronal Manalu mengatakan bahwa pembangunan di bidang pertanian menjadi perioritas. Salah satunya akan membangun atau memperbaiki tali air atau irigasi yang ada di kawasan persawahan Huta Pea. Di sana direncanakan akan membuat tali air ditengah persawahan dan nantinya akan digunakan sekaligus menjadi akses jalan kendaraan roda dua guna mempermudah warga dalam bekerja untuk mengangkut hasil panen masyarakat setempat. Selain itu pengembangan pertanian secara periodic, dirinya akan mengundang Insinyiur Pertanian guna mendampingi para warga dalam bertani dan bercocok tanam. Hal ini sangat penting mengingat masyarakat di Desa Aek Raja masih bertani secara tradisional. Artinya mereka perlu bimbingan agar dapat menyesuaikan jenis tanaman sesuai dengan iklim setempat.



3. Perbaikan Tata Ruang Daerah.

Dalam hal ini, Kepala Desa Aek Raja Ronal Manalu mengatakan bahwa dirinya akan berencana menjadikan Desa Aek Raja untuk menata diri supaya lebih indah dan bersih, khususnya aliran sungai yang berada di Desa Aek Raja kiranya memiliki keindahan yang tidak kalah indahnya dengan sungai lain jika ditata dengan baik. Sungai ini akan dijadikan sebagai tempat wisata bagi warga lokal terutama pada saat hari libur banyak perantau dari Desa Aek Raja yang pulang kampung. Hal ini Ronal mengatakan tentunya perlu dipersiapkan agar desa tersebut menjadi tempat yang bagus untuk dikunjungi. Selain itu dirinya bersama perangkat desa akan menabur bibit ikan disungai tersebut dan akan menjadikan lokasi itu sebagai tempat wisata pemancingan kedepannya.



4. Pendataan Pembuatan Akta Tanah, Rumah Ibadah dan Bangunan Warga.

Di program ini Ronal Manalu menjelaskan bahwa secara perlahan-lahan dirinya bersama perangkat desa akan berencana untuk mendata dan membuat akta rumah warga setempat beserta tempat rumah ibadah agar memiliki minimal surat Alas Hak Kepemilikan Tanah yang ditempati. Bagi warga yang memiliki Akta Alas Hak Kepemilikan Tanah dan Bangunan, nantinya Ronal Manalu bersama perangkat desa lainnya akan mendorong masyarakat setempat untuk membayar PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) sebagai bentuk warga negara Indonesia yang baik yang turut mendukung terselenggaranya pembangunan di daerah tersebut.



Setelah memaparkan program kerja yang telah dipersiapkan tersebut, Kepala Desa terpilih Ronal Manalu juga turut menyampaikan harapannya kepada awak media ini melalui Marjaban Sinaga selaku Kabiro MEDIANAGANEWS.COM wilayah Kampar Riau untuk diberitakan. Dirinya berharap agar seluruh masyarakat Desa Aek Raja dapat mendukung kinerjanya tersebut sekaligus mengajak seluruh jajaran perangkat desanya untuk dapat bekerja sama dengan baik.


"Guna mewujudkan semua program kerja ini sangat diperlukan kerja sama antara perangkat desa dan warga, terutama bagi perangkat desa, saya akan menegaskan agar dapat bekerja keras dan siap di evaluasi jika kinerjanya tidak bagus," tegas Ronal Manalu.



Selain itu di suasana Tahun Baru 2022 ini, Kepala Desa tersebut juga telah memanfaatkan momentum ini untuk berkunjung ke Rumah Warga dalam rangka bersilaturahmi sekaligus memantau warga nya agar tetap terhindar dari penyebaran Covid-19. Dikesempatan itu, Ronal Manalu selaku Kepala Desa Aek Raja menekankan agar warganya tetap mematuhi protokol kesehatan terutama yang telah kedatangan keluarganya dari perantauan dalam rangka tahun baruan agar bisa memastikan kesehatan para perantaunya.


"Diperayaan tahun baru ini, saya selaku Kepala Desa Aek Raja berharap kiranya para perantau dan masyarakat/keluarga yang dituju dapat tetap menjalankan protokol kesehatan guna mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 dan virus lainnya, agar desa kita ini dapat tetap terhindar dan terjaga dari serangan penyakit yang mematikan tersebut," pungkas Ronal Manalu selaku Kepala Desa yang baru saja dilantik. (Marjaban Sinaga/Rio-PR)