Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Bentuk Loyalitas Keorganisasian, JPKP DPD Kampar Mengikuti Rakernas di Jakarta


MEDIANAGANEWS.COM, KAMPAR RIAU - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) selama tiga hari lamanya. Acara Rakernas yang digelar bertempat di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta.


Hal tersebut disampaikan langsung oleh pengurus JPKP Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kampar Riau kepada awak media ini, Selasa (18/1/2022).



Rakernas yang diselenggarakan tersebut kali ini dibuka langsung oleh Kepala Sekretariat Kepresidenan Jenderal TNI (P) Moeldoko yang juga sekaligus sebagai pembina JPKP. Dalam kesempatan itu Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo yang juga hadir secara virtual berkesempatan untuk memberikan kata sambutannya dengan mengawali ucapan selamat ulang tahun bagi JPKP yang ke 7 tahun dan selamat melaksanakan rakernas yang ke-7 kalinya.


Selain itu Presiden juga berterima kasih atas pendampingan pembangunan selama 7 tahun ini dan berharap agar JPKP semakin bersinergi untuk melakukan pendampingan terhadap kebijakan pembangunan yang telah dilakukan oleh pemerintah.



Ketua Umum JPKP Maret Samuel Sueken dalam sambutannya mengatakan, kiranya penggiat JPKP dapat terus melakukan pendampingan kepada masyarakat yang butuh didampingi. Samuel menegaskan masih adanya keluhan dari masyarakat yakni atas kesusahan untuk mendapatkan pupuk bersubsidi. Selain itu masalah sosial juga harus diperhatikan dan perlunya pelayanan penyandang visibilitas.


Moeldoko yang ikut serta dalam pelaksanaan Rakernas tersebut juga turut menyampaikan arahannya dengan memberikan penguatan terhadap JPKP. Moeldoko mengatakan kepada penggiat JPKP diharapkan mampu melakukan pendampingan guna memastikan dana desa agar tepat sasaran dan masyarakyat mendapatkan pendampingan bagi yang membutuhkan pertolongan.



Dikesempatan itu Moeldoko juga memberikan penghargaan kepada penggiat kemanusiaan yang dianggap telah memiliki kinerja baik khususnya dalam perihal memperjuangkan kemanusiaan.


Sementara itu Ketua DPD JPKP Kampar, Luparto Sinaga, saat dikonfirmasi oleh awak media ini mengatakan bahwa dirinya bersama pengurus JPKP Kampar lainnya ikut serta hadir dalam acara kegiatan Rakernas JPKP yang digelar mulai tanggal 14 hingga 16 Januari 2022 tersebut. Adapun rombongan peserta yang ikut hadir dari DPD Kampar diketahui sebanyak 9 orang, diantaranya yakni Ketua DPD Luparto Sinaga, Wakil Sekretaris Indra Yendi, Biro Ekip Marjaban Sinaga, Biro Olahraga Salden Manullang, dan Ketua DPC XIII Koto Kampar Ijun, beserta dengan empat orang lainnya dari DPC Kuok Kabupaten Kampar.



Luparto Sinaga mengatakan bahwa dirinya tidak dapat membawa seluruh pengurus JPKP DPD Kampar, mengingat situasi negara Indonesia masih berjuang melawan pandemi Covid-19.


"Jadi peserta kita batasi meskipun keinginan anggota untuk ikut Rakernas sangatlah tinggi. Adapun kehadiran kami ini sebagai bentuk dukungan loyalitas kita terhadap DPP sekaligus dalam penguatan untuk kemajuan JPKP. Diharapkan sepulang dari Rakernas, para penggiat JPKP akan memiliki semangat juang yang baru untuk berkarya dalam tugas pendampingan," kata Ketua DPD JPKP Kampar Luparto Sinaga.



Selain itu Biro Ekip JPKP DPD Kampar Marjaban Sinaga yang saat itu juga turut hadir dalam kegiatan Rakernas mengatakan bahwa dirinya telah memiliki program untuk kemajuan JPKP DPD Kampar kedepan. Dirinya akan membuka suatu usaha guna mendukung program kerja organisasi. Salah satunya dengan mengembangkan koperasi jasa jaringan pendamping kebijakan pembangunan.


"Bagi warga yang berkeinginan berjualan produk koperasi JPKP, Biro Ekip akan memfasilitasi penyediaan gerobak untuk berjualan dengan memasarkan produk UMKM Koperasi," cetusnya.



Sementara itu Biro Pemuda Olahraga Salden Manullang mengatakan bahwa dirinya akan melanjutkan program penguatan organisasi melalui olahraga dan pariwisata.


"Selama ini Biro Olahraga telah membuat beberapa kegiatan. Salah satunya yakni pertandingan bola kaki dan volly yang dilakukan di Kecamatan XIII Koto Kampar. Hasilnya masyarakat lebih cepat mengenal organisasi JPKP berikut kegiatannya," ucap Salden Manullang.


Tampak acara Rakernas berlangsung sukses dan lancar yang disertai dengan penerapan protokol kesehatan super ketat. (MS/Rio-PR)