Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Kedatangan Jokowi di Medan Disambut Langsung Walkot Bobby, Gubsu Edy, Kapoldasu Panca, dan Pangdam Daniel


MEDIANAGANEWS.COM, MEDAN - Kedatangan Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan Nyonya Iriana Joko Widodo ke Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), disambut langsung dengan hangat oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama dengan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi beserta dengan Kapoldasu Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi dan Pangdam 1 Bukit Barisan Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin SE M.Si.


Berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers, Sekretariat Presiden, Selasa (5/7/2022), Jokowi dan Iriana bertolak dari dari Pangkalan Udara Utama TNI AD Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, sekitar pukul 13.40 WIB. Sejumlah pejabat melepas keberangkatan Jokowi, yaitu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beserta istri, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Widi Prasetijono beserta istri, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi, dan Danlanumad Ahmad Yani Kolonel Cpn. Sundoro Agung Nugroho beserta istri.


Jokowi dan Iriana kemudian tiba di Pangkalan Udara Soewondo, Medan, sekitar pukul 16.05 WIB. Kedatangan Jokowi dan Iriana disambut oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi beserta Istri, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen Achmad Daniel Chardin beserta istri, Kapolda Sumatera Utara Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak beserta istri, Wali Kota Medan Bobby Nasution, dan Danlanud Soewondo Kolonel Pnb. Reka Budiarsa beserta istri.



Jokowi dan rombongan kemudian langsung menuju hotel tempatnya bermalam untuk melanjutkan kegiatan kunjungan kerja keesokan harinya.


Informasi mengenai kedatangan Jokowi ke Medan sebelumnya juga disampaikan Edy Rahmayadi melalui Instagram miliknya seperti dilihat detikSumut, Minggu (3/7/2022). Edy mengatakan Sumut menjadi tuan rumah pelaksanaan Harganas.


"Alhamdulillah, tahun ini pada tanggal 7 Juli mendatang Provinsi Sumatera Utara mendapatkan kehormatan sebagai Tuan Rumah Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 29 yang insyaallah dihadiri langsung oleh Bapak Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo," kata Edy.



Mantan Pangkostrad itu mengatakan peringatan Harganas itu akan mengambil tema 'Ayo Cegah Stunting, Agar Keluarga Bebas Stunting'. Edy mengatakan peringatan Harganas tahun ini mengingatkan betapa pentingnya bagi keluarga Indonesia untuk bersama-sama melawan stunting.


"Oleh karenanya, saya mengajak kita semua, mari kita lindungi keluarga kita dari bahaya stunting," sebut Edy Rahmayadi.


Langkah yang harus dilakukan untuk mencegah stunting ini, kata Edy, salah satunya mengkonsumsi makanan yang bergizi. Selain itu, lingkungan keluarga harus sehat.


"Selamat memperingati Hari Keluarga Nasional 2022. Harganas, hari kita semua," jelas Edy Rahmayadi.



Informasi yang berhasil dihimpun oleh awak media ini telah diketahui bahwa adapun perkiraan Rencana Giat RI 1 di Wilayah Medan Sumut sekitarnya tersebut diantaranya yakni ;


1.}  Selasa, 5 Juli 2022 :

Pkl 15.40 WIB rombongan Presiden RI tiba di Lanud Soewondo menuju ke Hotel Adi Mulia (beristirahat acara pribadi) diterima Gubernur Sumut, Kapoldasu, Danlanud Soewondo.


2.}  Rabu, 6 Juli 2022 :

A) Pkl 07.40 WIB bergerak dari Hotel Adi Mulia menuju Lanud Soewondo

B) Pkl 08.00 WIB take off Lanud Soewondo ke Gunung Sitoli yang akan berkunjung ke Nias Barat dan Nias Utara.

C) Pkl 17.10 WIB tiba di Lanud Soewondo menuju Hotel Adi Mulia.


3.} Kamis, 7 Juli 2022 :

A) Pkl 08.30 WIB, Rombongan Presiden menuju Pasar Pertisah Kota Medan, disambut oleh Gubsu, Walikota Medan, Dirut PD Pasar, Dandim dan Kapolres, kegiatan yg dilakukan :

-  Pemberian bantuan berupa uang kepada 100 org PKH dari Kementerian Sosial RI (yang sudah didata Dinas Sosial) dimana 90 antigen, 10 org PCR karena bertemu langsung dengan Presiden RI.

- Di dalam pasar basah diberikan bantuan uang kepada 100 pedagang, 90 org sudah diberikan terlebih dahulu dan 10 org dapat bantuan langsung dari Presiden (ditandai dengan pemakaian masker hitam)

- 50 orang pedagang kaki lima diberikan bantuan dari Kodam dan Polri.

- 100 becak motor (betor) untuk menyapa Presiden RI

- 1000 sembako yang akan dibagi kepada seluruh pedangan di Pasar Petisah Medan yang dibantu Satpol PP Medan. 


B) Pkl 09.45 WIB Rombongan Presiden RI bergerak menuju PPKS Rispa di Jl. Katamso yang didampingi oleh Forkopimda Provinsi Sumut.

- Sesampai PPKS Rispa diberikan bantuan minyak goreng merah kepada 30 orang dan menerima bantuan berupa traktor.


C) Pukul 10.30 WIB tiba di Lapangan Merdeka Medan disambut oleh Wakil Gubernur, Kepala BKKBN Prov. Sumut dan Walikota Medan untuk menghadiri kegiatan Harganas. Dipersiapkan tenda holding, 2 Bus pelayanan BKKBN, Tarian Marak Indonesia, meninjau photobooth dilanjutkan dengan penyerahan Penghargaan Mandala Karya Kencana (MKK) kepada 13 Kepala Daerah, penghargaan inovasi stunting. Dilanjutkan dengan laporan BKKBN dan sambutan Presiden RI dilanjutkan dengan video conference dengan 5 Provinsi (dipersiapkan jaringan internet) dan ditutup doa oleh Kakan Kemenag Kota Medan. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan peletakan batu pertama revitalisasi Lapangan Merdeka Medan.


D) Pkl 12.20 WIB menuju Rumah Makan Miramar dan ibadah shalat zuhur.


E) Pkl 13.30 WIB menuju lokasi bedah rumah di Bagan Deli, Belawan sebanyak 3 rumah dan dilanjutkan dengan pemberian bantuan makanan tambahan untuk 2 org anak stunting dan 2 org Lanjut Usia (Lansia) yang didampingi Camat dan Kapolsek.


F)  Pkl 15.40 WIB bergerak menuju Lanud Soewondo disambut Danlanud Soewondo.


G) Pkl 16.50 WIB Rombongan Presiden RI lepas landas menuju Jakarta. (Rio-PR)