Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Duka Cita Mendalam ! Ratu Elizabeth II Dikabarkan Telah Meninggal Dunia


MEDIANAGANEWS.COM, INGGRIS - Duka cita mendalam kini menyelimuti kerajaan Inggris bahkan dunia. Hal ini terungkap saat dikonfirmasi langsung oleh Kerajaan Inggris dalam Twitternya, bahwa Ratu Elizabeth II dikabarkan meninggal dunia pada usia 96 tahun di Istana Balmoral, Britania Raya.


Semasa hidupnya, Ratu Elizabeth II dikenal memiliki kesehatan yang cukup amat baik, meski kemudian diakhir masa hidupnya ibu Ratu diketahui telah menderita apa yang disebut Istana Buckingham sebagai 'masalah mobilitas episodik' sejak akhir tahun lalu. Ratu Elizabeth II bahkan juga dipaksa untuk mengurangi keterlibatannya dalam acara publik. Dalam kondisi seperti itu, Ratu Elizabeth II sebelumnya telah ditempatkan di retret Balmoral yang terletak di Dataran Tinggi Skotlandia.


Berdasarkan profil resminya di situs Royal.co.uk, Elizabeth lahir pada 21 April 1926 di ibu kota Inggris, London. Ia merupakan putri dari Pangeran George dan istrinya yang juga bernama Elizabeth.


Semasa kecil, Ratu Elizabeth II dikenal dengan nama Lilibeth, dan ia memiliki adik perempuan bernama Putri Margaret.


Putri Elizabeth sebenarnya tidak dilahirkan sebagai penerus tahta Inggris. Ia harus mengemban tugas itu setelah pamannya, Raja Edward, memilih meninggalkan tahta kerajaan.


Alhasil, Pangeran George harus naik tahta menjadi Raja George VI, dan Putri Elizabeth menjadi putri mahkota. 


Sewaktu muda, Elizabeth pernah ikut berperang sebagai sukarelawan di Perang Dunia II. Sekitar tujuh tahun setelah perang dunia, Elizabeth naik tahta setelah Raja George VI meninggal dunia pada tahun 1952.


Selaras dengan namanya, Ratu Elizabeth II adalah Elizabeth kedua yang menjadi ratu dalam sejarah keluarga kerajaan Inggris. Yang pertama adalah Ratu Elizabeth I, ratu terakhir dari Dinasti Tudor.



Ratu Elizabeth Kumpulkan Seluruh Keluarga Kerajaan Saat Sedang Sakit

Sebelum meninggal dunia, Ratu Elizabeth II dilaporkan sakit dan berada di bawah pengawasan medis. Ratu ada di Kastil Balmoral setelah dokter memutuskan untuk memberikan perawatan dan pengawasan ketat, demikian keterangan dari Istana Buckingham, Inggris.


"Menyusul evaluasi lebih lanjut pagi hari tadi, para dokter mengkhawatirkan kesehatan Yang Mulia dan merekomendasikan dia untuk tetap berada di bawah pengawasan medis," kata seorang dokter dalam pernyataan, seperti dikutip dari laman BBC, Kamis (8/9/2022).


Anggota inti Kerajaan Inggris yang sibuk dengan tugas masing-masing segera diminta merapat tatkala para dokter menunjukkan kekhawatiran atas kondisi Sang Ratu. Pangeran Charles dan istrinya, Duchess of Cornwall segera menuju Balmoral. The Duke of York and the Count and Countess of Wessex pun demikian.


Putri Anne kala itu berada di Skotlandia bergegas ke sisi Ratu Elizabeth. Pangeran William juga segera datang, demikian pula dengan Pangeran Harry yang tiba tanpa disertai Meghan Markle.



Penguasa Terlama di Inggris

Ratu Elizabeth II adalah penguasa dengan periode pemerintahan paling lama dalam sejarah Inggris. Masa kekuasaannya resmi masuk tahun ke-70 pada tahun 2022. Sebelumnya, gelar penguasa terlama juga dipegang oleh seorang perempuan, yakni Ratu Victoria. 


Waktu kekuasaan yang lama membuat Ratu Elizabeth II menyaksikan berbagai zaman: Ketika ia naik tahta, Winston Churchill masih menjadi perdana menteri Inggris. Ia juga menyaksikan kekuasaan sang Iron Lady, Margaret Thatcher, sebagai PM wanita pertama dalam sejarah Inggris. 


Di Amerika Serikat, presiden Amerika Serikat yang berkuasa saat Ratu Elizabeth II naik tahta adalah Harry Truman. Setelahnya, Ratu Elizabeth II menyaksikan masa-masa pemerintahan Presiden Dwight Eisenhower, J.F. Kennedy, Richard Nixon, Ronald Reagan, bapak-anak Bush, Barack Obama, hingga Donald Trump.


Ratu Elizabeth II menikah dengan Pangeran Philip dan memiliki empat orang anak yakni Charles, Anne, Andrew, dan Edward. 


Charles menikah dengan Putri Diana dan memberikan dua cucu kepada sang ratu: Harry dan William. Kelak, William akan menjadi raja Inggris. Ia akan menjadi putra mahkota setelah ayahnya, Charles naik singgasana.



Ratu Elizabeth II Meninggal di Skotlandia, Kode Rahasia Operation Unicorn Diaktifkan

Ratu Inggris Elizabeth II sebelumnya berada di bawah pengawasan medis di Balmoral, Skotlandia. Sang ratu sebelumnya diketahui berada di bawah pengawasan medis, setelah dokter mengkhawatirkan kesehatannya.


Awal pekan lalu, Ratu Elizabeth II secara resmi menunjuk Perdana Menteri baru di Scottish Estate, yang mendobrak tradisi, tak seperti sebelumnya.


"Menyusul evaluasi lebih lanjut pagi tadi, para dokter Ratu mengkhawatirkan kesehatan Yang Mulia dan telah merekomendasikan dia tetap di bawah pengawasan medis," ujar seorang juru bicara Istana seperti dikutip dari Yahoo News, Kamis (8/9/2022). 


"Sang Ratu merasa nyaman dan berada di Balmoral."


Sang ratu meninggal di Skotlandia, kabarnya ada rencana khusus dengan kode rahasia Operation Unicorn (Operasi Unicorn).



Apa itu Operasi Unicorn ?

Operation Unicorn akan segera menghentikan semua urusan di Parlemen Skotlandia sehingga pihak berwenang dapat mempersiapkan pemakaman kenegaraan.


Perihal politik akan ditangguhkan dan pemakaman kemungkinan akan berlangsung sekitar sepuluh hari setelah wafatnya Sang Ratu.


Diyakini bahwa pasca Ratu Elizabeth II dinyatakan meninggal dunia di Skotlandia, maka orang-orang dari seluruh dunia dapat melakukan perjalanan ke sana.


Diperkirakan bahwa Katedral St Giles dan Holyroodhouse di Edinburgh akan menjadi titik fokus bagi jurnalis dan publik.


Juga diperkirakan bahwa jasad Sang Ratu Elizabeth II akan dibaringkan di Holyroodhouse dengan peti mati, kemudian dibawa ke katedral di Royal Mile.


Jenazah Ratu Elizabeth II kemudian akan ditempatkan di Royal Train di Stasiun Waverley untuk menempuh perjalanan kembali ke London.


Diduga kuat, ada sekitar tiga pertemuan setiap tahun yang melibatkan anggota pemerintah, polisi, dan lembaga penyiaran untuk menyusun strategi pasca peristiwa duka wafatnya Ratu Elizabeth. (Liputan 6/Red-MNNC)