Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Harga BBM Terbaru Resmi Diberlakukan Pada Hari Ini Terhitung Mulai Pukul 14.30 WIB


MEDIANAGANEWS.COM, JAKARTA - Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo (Jokowi) akhirnya resmi memutuskan dengan menyesuaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Salah satunya yakni harga Pertalite diputuskan naik dari Rp7.650 menjadi Rp10.000 per liter.


"Ini adalah pilihan terakhir pemerintah, yaitu mengalihkan subsidi BBM. Sehingga harga beberapa jenis BBM yang selama ini subsidi akan alami penyesuaian," ungkap Presiden Jokowi dalam Konferensi Persnya bersama Menteri Terkait tentang perihal Pengalihan Subsidi BBM, bertempat di istana Presiden, Sabtu (3/9/2022).


Jokowi mengatakan, anggaran subsidi pemerintah sudah meningkat 3 kali lipat dari  Rp152,5 triliun menjadi Rp502,4 triliun dan itu akan meningkat terus. Lebih dari 70% subsidi justru dinikmati oleh kelompok masyarakat yang mampu, yaitu pemilik mobil pribadi.


"Mestinya uang pemerintah itu diberikan untuk subsidi bagi masyarakat kurang mampu. Subsidi harus menguntungkan masyarakat kurang mampu," kata Jokowi.



Kabar kenaikan harga BBM ini sudah santer sejak beberapa pekan terakhir, hingga sempat memicu perdebatan dan panic buying di sejumlah lokasi.


Pemerintah memutuskan untuk melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi maupun non subsidi. Berikut Harga Terbaru BBM Subsidi & Non Subsidi ;


- Pertalite dari Rp 7.650 menjadi Rp 10.000 per liter.

- Solar dari Rp 5.150 menjadi Rp 6.800.

- Pertamax dari Rp 12.500 menjadi Rp 14.500.


"Ini berlaku 1 jam sejak ini diumumkan. Akan berlaku pukul 14.30 WIB," tegas Menteri ESDM Arifin Tasrif saat mengumumkannya secara resmi dihadapan Presiden Jokowi. (Susi Sinaga/Rio-PR)