Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Di Bulan Ramadhan 1444 H, Pejuang Batak Bersatu Rutin Turun Ke Jalan Bagikan Makanan dan Minuman Secara Gratis Kepada Masyarakat


MEDIANAGANEWS.COM, MEDAN - Guna menorehkan sejarah untuk tetap memelihara keharmonisan antar umat beragama yang tercermin pada nilai-nilai toleransi yang berazaskan Pancasila, tampaknya sudah tidak diragukan lagi pada kisah sebuah organisasi kemasyarakatan (ormas) yakni Pejuang Batak Bersatu, khususnya dari provinsi Sumatera Utara untuk peduli terhadap sesama umat Muslim.


Hal itu terungkap saat awak media ini menyaksikan secara kasat mata puluhan masyarakat yang tergabung dalam organisasi Pejuang Batak Bersatu di wilayah provinsi Sumatera Utara, terkhusus yang beragama Kristen dan Muslim secara bersamaan tampak kompak turun ke jalan membagikan makanan dan minuman untuk berbuka puasa bagi umat Muslim yang mau berbuka. Adapun lokasi kegiatan sosial tersebut dilaksanakan bertempat di jalan Sisingamangaraja Medan, Kecamatan Timbang Deli, provinsi sumatera Utara (Sumut), Minggu (16/4/2023).


Pejuang Batak Bersatu yang merupakan suatu perkumpulan organisasi kemasyarakatan hingga kini masih tetap konsisten didalam menjaga toleransi antar umat beragama. Secara rutin Pejuang Batak Bersatu membagikan makanan dan minuman kepada umat Muslim kaum Islam di jalan selama bulan puasa secara bergantian di kabupaten/kota se-Sumatera Utara. 


Terlihat sebelumnya, jika ormas kemasyarakatan tersebut sudah melakukan pembagian takjil diseluruh kabupaten/kota yang berada di kota binjai, stabat, siantar dan berbagai daerah lainnya disumatera utara. 


Mereka selalu berbagi terlihat, Satu jam sebelum matahari terbenam selama bulan Ramadan, jalan-jalan di sumatera utara secara bergantian dari kabupaten/kota selama bulan puasa dipenuhi mobil dan sepeda motor yang bergegas pulang untuk berbuka puasa bersama keluarga.


Di situlah ormas kemasyarakatan ini menawarkan makanan berbuka untuk mereka yang terjebak macet sehingga terpaksa berbuka puasa di tengah lalu lintas yang padat.


Tahun sebelumnya juga, pejuang batak bersatu memulai dengan menawarkan kurma dan air kepada masyarakat yang melintas dijalan dan makanan pertama yang biasanya dimakan umat Islam saat berbuka puasa. 


Dari sinilah kembali pejuang batak bersatu kembali menawarkan makanan buka puasa untuk orang-orang di jalan setiap tahunnya.


"Sebagai ormas sosial, kami menawarkan makanan dan air sebotol kepada saudara-saudara Muslim kami sebagai bentuk berbagi, karena kami tinggal di tanah air yang sama, dan kami memiliki darah yang sama," ungkap Ketua DPW Pejuang Batak Bersatu Sumut kepada awak media.


"pada awalnya banyak warga bertanya-tanya bagaimana ormas batak bisa melakukan itu, tetapi seiring berjalannya waktu, mereka senang melihat kami karena yang beragama muslim juga kami banyak tergabung didalamnya dan ini kami lakukan setiap tahun. Banyak warga juga sudah mengetahui jika kami di organisasi ini sangat toleransi dari berbagai agama," tutupnya. (Rio-PR)