Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Duka Cita Mendalam! Ketua Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait Dikabarkan Meninggal Dunia


MEDIANAGANEWS.COM, MEDAN - Arist Merdeka Sirait yang diketahui sebagai seorang aktivis Indonesia, hari ini dikabarkan telah meninggal dunia. Ia merupakan Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak menggantikan Seto Mulyadi pada tahun 2010, setelah menjabat sebagai sekretaris jenderal selama 12 tahun atau tiga periode sejak tahun 1998.

Kabar duka cita tersebut datang dari salah satu staf Komnas PA, Raihanif Putra, yang mengatakan bahwa Arist Merdeka Sirait sempat jatuh sakit dan beberapa kali menjalani perawatan hingga akhirnya meninggal dunia, Sabtu (26/8/2023), pada pukul 08.30 WIB.

“Telah berpulang menghadap Tuhan Yang Maha Esa, Bapak Arist Merdeka Sirait pada Sabtu 26 Agustus 2023 di Rumah Sakit Polri Kramat Jati,” ungkap Raihanif.

Raihanif menjelaskan bahwa Arist Merdeka telah menjalani perawatan di Rumah Sakit Polri Jakarta sebanyak 2 kali.

Namun, tim dokter yang menangani belum bisa mengidentifikasi penyakit yang telah menyebabkan aktivis ini meninggal dunia.

“Kembali ke Rumah sakit Polri Senin kemarin, masih diobservasi tim dokter penyakitnya apa, tapi saat ini sudah meninggal dunia,” ujarnya.

Menanggapi perihal kabar duka cita ini, berbagai ungkapan duka cita mendalam pun turut menghampiri. Salah satunya dari Aktivis Batak Muda Dunia yang mengorganisir diri pada Gerakan Daulat Desa, Ketua Umum Komunitas GM MARSIA sekaligus selaku Founder Wartawan Sinaga Sedunia, serta kini diketahui menjabat sebagai Wakil Kepala Departemen (Wakadep) Media Pers dan Publikasi DPP Pejuang Batak Bersatu dan Pimpinan Umum/Redaksi Medianaganews.com yakni bapak Mario Oktavianus Sinaga SH.

"Turut Berdukacita Yang Sedalam-dalamnya Atas Meninggalnya Bapak Arist Merdeka Sirait selaku Aktivitas Nasional sebagai Ketua Komnas Perlindungan Anak. Kiranya Amal Ibadah Almarhum Semasa Hidupnya Dapat Diterima Disisi Kanan Allah Bapa di Sorga dan Bagi Keluarga Yang Ditinggalkan Dapat Tetap Tabah dan Ikhlas Menerimanya Karena Dibalik Ini Semua Pasti Ada Rencana Tuhan Yang Baik," ucap Mario Sinaga di laman Facebook nya.

Untuk diketahui bahwa saat ini jenazah Almarhum Arist Merdeka Sirait masih berada di ruang jenazah Rumah Sakit Polri. Pihak keluarga masih berdiskusi perihal tempat persemayaman rumah duka.

“Tapi untuk dimakamkan rencana di pemakaman keluarga di Medan, daerah Porsea,” pungkas Raihanif.

PROFIL

Nama: Arist Merdeka Sirait.
Kelahiran: Lahir: 11 Juni 1960; Bah Butong, Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumut.
Anak: Debora Sirait, Christine Sirait, dan Namalo Sirait (3 Orang Anak).
Pasangan/Istri: Rosti Munthe
Orang Tua: Domitian Sirait, Sonar Maruli
Pendidikan: SMA KAMPUS NOMENSEN (1978).
Pekerjaan: Aktivis.
Organisasi Didirikan: Komisi Nasional Perlindungan Anak.
Dikenal Atas: Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA)

(Lamhot.S)