Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Terkait Kandidat Capres 2024, Jokowi Katakan PDI-P Belum Tentukan Calonnya Termasuk Untuk Puan


MEDIANAGANEWS.COM, JAKARTA - Terkait kandidat siapa yang menjadi calon terkuat sebagai Presiden di Pemilu 2024, Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, bahwa adapun kandidat Calon Presiden (Capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) hingga sampai saat ini belum ditentukan.


Hal tersebut dijelaskan Jokowi saat menanggapi pertanyaan wartawan soal apakah pertemuannya dengan Megawati Soekarnoputri di Batutulis pada Sabtu (8/10/2022) kemarin sebagai bentuk dukungan terhadap Puan Maharani.


"Tanyakan Bu Mega, wong kandidatnya belum diputuskan oleh PDI-P, kan," ujar Jokowi di Istana Negara, Senin (10/10/2022).


Adapun Puan Maharani yang merupakan Ketua DPP PDI-P itu disebut-sebut sebagai kandidat kuat yang akan dicalonkan partai tersebut sebagai capres.


Jokowi Sebut PDI-P Belum Putuskan Kandidat Capres, Termasuk untuk Puan Maharani. Meski demikian, hingga saat ini partai berlambang banteng tersebut memang belum mendeklarasikan capresnya. Jokowi mengatakan, pertemuannya dengan Megawati pada Sabtu kemarin membahas soal Pemilu 2024.


"Termasuk juga untuk 2024-lah, supaya kita, endak mungkin tutupi itu," kata Jokowi.



Selain itu Jokowi juga mengungkapkan bahwa pertemuannya dengan Megawati tersebut sebagai bentuk menjaga kestabilan politik. Namun, dirinya menegaskan bahwa bukan dengan Megawati saja pertemuan itu ia lakukan. Meski tak disebutkan secara detail, Jokowi mengatakan, ada ketua-ketua parpol lain yang juga ditemuinya.


"Ya saya bertemu dengan ketua-ketua partai, utamanya dalam rangka menjaga stabilitas politik karena situasi ekonomi global yang tidak jelas, tidak pasti, yang sulit ditebak, sulit diprediksi, sulit dihitung, sulit dikalkulasi. Sehingga, stabilitas politik dan keamanan itu menjadi penting sekali saat ini," kata Jokowi.


"Jangan sampai kita menjelang pemilu, ada persoalan besar dalam ekonomi global, terganggu ekonomi kita, itu yang endak kita kehendaki. Sehingga, saya intens berbicara dengan ketua-ketua partai," ujar dia.


Sementara itu, saat wartawan mencoba meminta keterangan soal pertemuan pada Sabtu, Megawati Soekarnoputri enggan memberikan penjelasan. Sebab, menurut Mega, hal tersebut sudah dijelaskan langsung oleh Jokowi.


"Enggak boleh, kan sudah sama Bapak Presiden," kata Megawati kepada awak media di Istana Negara. (Susi Sinaga/Rio-PR)