Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Kunker ke SMAN 1 Pantai Cermin, Kapolres Sampaikan Arahan Guna Antisipasi Tawuran Antar Pelajar


MEDIANAGANEWS.COM, SERGAI - Sekira pukul 10.00 WIB, Kapolres Sergai AKBP Dr Ali Machfud SIK MIK bersama rombongan tiba di SMA Negeri 1 Pantai Cermin. Kedatangan Kapolres disambut langsung oleh Kepala Sekolah, Kasat Binmas dan Kapolsek Pantai Cermin dilokasi, Sabtu (3/12/2022).


Pada kesempatan ini Kapolres Sergai AKBP Ali Machfud turut memperkenalkan diri dan profilnya serta memberikan pencerahan dan motivasi kepada siswa kelas X, XI, dan XII SMAN 1 Pantai Cermin tersebut.


Adapun pencerahan dan motivasi yang disampaikan oleh Kapolres Sergai dalam kegiatan tersebut diantaranya yakni bertujuan untuk dalam rangka silaturahmi Polres Sergai guna mendekatkan diri dengan pelajar dan menshare pengetahuan untuk bekal kedepan sehingga para pelajar dapat lebih serius dan berkonsentrasi dalam menuntut ilmu di dunia pendidikan nya.


Terkait dengan fenomena saat ini yaitu tawuran antar pelajar serta munculnya genk-genk motor, Kapolres Sergai AKBP Ali Machfud menghimbau agar pelajar jangan bergabung dengan genk-genk motor serta terlibat aksi tawuran.


"Jika bergabung dengan genk motor akan memunculkan etno nasionalisme (budaya kelompok) serta hidup akan menjadi rencana hidup orang lain yaitu meletakkan hidup atau nasib untuk mendukung cita-cita orang lain. Kita tidak akan tahu kita akan jadi apa tetapi kita harus mempersiapkan diri untuk jadi apa saja, caranya dengan belajar. Jauhi pergaulan bebas, jauhi narkoba, tertib berlalu lintas serta membangun budaya Literasi karena keberuntungan itu pasti dipersiapkan. Kita harus mengembangkan Hebitus yang baik dalam kehidupan kita sehari-hari supaya generasi kedepannya lebih baik dari saat ini," ujar Kapolres.


"Saat ini Polisi tidak ada melakukan penilangan secara manual selain dengan tilang elektronik/ ETLE/ Mobile ETLE. Jadi kami meminta agar kita semua semakin dewasa, gunakan helm standar untuk antisipasi kecelakaan, jangan sampai impian generasi muda hancur/ hilang gara-gara kecelakaan. Kita harus patuh dan tertib karena adanya aturan yang mengatur dan bukan karena ada Polisi, karena peraturan adalah cerminan diri dari Negara," ungkap Kapolres Sergai.


"Saat ini kita berada pada zaman Post Truth atau kebenaran relatif, jadi jika terima berita sebelumnya kita harus benar-benar mengecek kebenarannya/fake cheking sehingga kita tidak menjadi korban hoax. Sebagai pelajar harus fokus dalam belajar guna mencapai keinginannya, karena jika kita fokus maka keinginan kita pun akan tercapai," ucap Kapolres.



Dalam sesi tanya jawab ada 3 (Tiga) poin pertanyaan yang dipertanyakan oleh siswa/i pada pertemuan tersebut yakni tentang rokok berbahaya/mengandung narkoba, terkait banyaknya siswa yang merokok, apa tindakan yang dapat dilakukan supaya mengurangi siswa yang merokok ? Selanjutnya siswa/i mempertanyakan apakah anggota gemot yang dibawah umur yang berbuat kriminal juga diposes hukum ? Kemudian siswa/i juga mempertanyakan apakah narkoba turut mempengaruhi anak genk motor ?


Mendapat beberapa pertanyaan tersebut, Kapolres Sergai AKBP Ali Machfud langsung memberikan tanggapannya kepada siswa/i.


"Rokok dan narkoba adalah hal yang berbeda, narkoba ada zat adiksi yang langsung ke pusat saraf/otak kecil serta ciptakan ketergantungan, sementara rokok mengandung nikotin yang sama-sama ciptakan ketergantungan namun keduanya sama-sama merusak kesehatan dan dihimbau kepada pelajar untuk tidak merokok, dan cara agar pelajar jangan merokok yaitu dengan perbanyak serta giatkan belajar," terang Kapolres.


"Siapapun yang bersalah pasti diproses hukum sesuai dengan kesalahannya, namun prosesnya berbeda jika pelakunya adalah pelajar/anak-anak, namun hukumannya tetap sama ditambah lagi orangtua/wali turut diperiksa dan wajib melakukan pendampingan sampai proses sidang," jelas Kapolres Sergai.


"Narkoba itu dampak/efeknya banyak seperti efek adiksi dan domino serta menyebabkan halusinasi sehingga tidak menutup kemungkinan anggota gemot juga banyak terpengaruh dengan narkoba," pungkas Kapolres.



Diakhir giat pihak SMAN 1 Pantai Cermin melalui Kepala Sekolah SMK menyampaikan ucapan terima kasih nya atas kunjungan Kapolres Sergai ke SMAN 1 Pantai Cermin.


"Semoga pencerehan dan motivasi yang disampaikan dapat bermanfaat dan diamalkan oleh siswa/i SMAN 1 Pantai Cermin ini. Harapan kami kiranya giat ini bisa menjadi jadwal rutin dan kami siap menerima kembali kunjungan bapak Kapolres," ucap Kepsek tersebut.


Hadir dalam giat, Kapolres Sergai AKBP Dr Ali Machfud SIK MIK, Kapolsek Pantai Cermin Iptu M Tambunan SH bersama anggota, Kasat Binmas Iptu R Panjaitan SE beserta anggota Sat Binmas, Kepala SMAN 1 Pantai Cermin Abdul Kholik Lubis S.Pd, para Guru dan siswa/i SMAN 1 Pantai Cermin.


Sekira pukul 11.30 WIB, tampak Kapolres meninggalkan lokasi, situasi dalam keadaan aman dan kondusif. (Rio-PR)