Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Kapolres Sergai Hadiri Kegiatan Perayaan Hari Buruh (May Day) Kabupaten Sergai Tahun 2023


MEDIANAGANEWS.COM, SERGAI - Tepat pada hari Minggu 14 Mei 2023, pukul 09.00 WIB, bertempat di Objek Wisata Pantai Woong Rame Desa Kota Pari, Kec.Pantai Cermin, Kab.Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, Kapolres Sergai AKBP Oxy Yudha Pratesta, SIK, menghadiri kegiatan perayaan Hari Buruh (May Day) Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2023.


Dalam rangkaian kegiatan ini diketahui bahwa tepat pada pukul 09.00 WIB, anggota Serikat Buruh / Serikat Pekerja Kab.Serdang Bedagai bergerak dari titik kumpul lapangan Socfindo Matapao menuju Pantai Woong Rame Pantai Cermin.


Pukul 10.00 WIB, seluruh rombongan tiba di objek Wisata Pantai Woong Rame Pantai Cermin dilanjutkan dengan hiburan nyanyi dari anggota Serikat Buruh/Serikat Pekerja. 



Kegiatan yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan doa bersama yang dipimpin oleh Kabid PHI Disnaker Kab.Sergai Mahmuddin yang disertai dengan laporan dari Ketua Panitia, Ikhsan, A.P, M.Si ini turut dilakukan penyampaian aspirasi dari Ketua Serikat Buruh/Serikat Pekerja Kab.Serdang Bedagai.


"Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Serdang Bedagai dan Polres Serdang Bedagai serta seluruh OPD yang mendukung kegiatan May Day tahun ini. Kegiatan ini terlaksana karena adanya sinergitas antara pengusaha, buruh, pekerja dan seluruh Forkopimda. Visi dan misi Bupati sangat bagus dan kami akan mendukung serta menyempurnakan dengan kalimat sebagai berikut Jalan Mulus, Ekonomi bagus, SDM Maju Terus. Kami nanti akan menyerahkan tuntutan dan aspirasi kami kepada Bupati agar diteruskan ke Provinsi dan ditindaklanjuti untuk mensejahterakan para Buruh / Pekerjaan di Kab.Serdang Bedagai. Kami juga mempunyai rancangan / wacana untuk memajukan Kabupaten Serdang Bedagai dengan memajukan UMKM, menciptakan pelatihan peningkatan kompetensi kerja dan membuka Pusat Pasar demi kemajuan Serdang Bedagai. Harapan terakhir kami semoga tahun 2024 perayaan kita lebih ramai lagi dan lebih semarak lagi dari tahun 2023," ungkap nya.


Sementara itu arahan dan bimbingan dari Bupati Serdang Bedagai yang didampingi oleh Kapolres Serdang Bedagai dan Dandim 0204/DS pun turut dilakukan.


"Sebelumnya kami mengucapkan Minal aidin walfaijin, mohon maaf lahir dan batin. Semua masukan dan kritikan dari para Serikat Buruh / Serikat Pekerja akan kami tindaklanjuti demi kesejahteraan Buruh / Pekerja di Kabupaten Serdang Bedagai. Kami dari Pemkab Serdang Bedagai telah berbenah meningkatkan SDM dengan cara membuka kesempatan kepada anak Buruh / Pekerja yang ingin melanjutkan perkuliahan dengan kuota sebanyak 200 orang dengan dibiayai perkuliahan selama 4 tahun dan diberikan uang saku perbulan sebesar Rp.900.000 (Sembilan Ratus Ribu Rupiah)," ujar Bupati Sergai.



Disisi lain Kapolres Serdang Bedagai, AKBP Oxy Yudha Pratesta, SIK, juga turut memberikan kata sambutannya sekaligus memperkenalkan diri.


"Semoga Serikat buruh / pekerja semakin maju dan sejahtera di Kabupaten Serdang Bedagai. Kami menunggu kedatangan Ketua Serikat Buruh / Pekerja untuk bertemu dengan kami di Polres Serdang Bedagai demi menjamin keamanan Kamtibmas dan kesejahteraan Buruh / Pekerja di Kabupaten Serdang Bedagai," ucap Kapolres.


Selain itu Dandim 0204/DS, Letkol Czi.Yoga Febrianto, SH, M.Si, juga berkesempatan untuk memberikan kata sambutannya.


"Harapan kami kedepan apabila ada permasalahan kita selesaikan dengan kepala dingin dan lakukan koordinasi yang baik dengan instansi yang berwajib. Pesan kami kepada para pengusaha agar memperhatikan para pekerja / Buruh yang dipakai tenaga dan pikiran nya (berikan Hak-Hak nya)," ujar Dandim.



Kemudian Bupati juga menambahkan kepada pengusaha / UMKM di Kabupaten Serdang Bedagai untuk tetap menjaga kualitas dagangan / makanan agar menjadi suatu daya tarik kepada para pembeli


"Kami juga mendukung setiap rencana / wacana dari para Buruh / Pekerja untuk memajukan Buruh / Pekerja yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai," pungkasnya.


Pukul 12.00 WIB, penyerahan santunan dari BPJS kepada pekerja (buruh) pun turut dilakukan. Pukul 12.08 WIB, pengundian Lucky Draw digelar. Sementara Pukul 12.17 WIB, sesi foto bersama Serikat Buruh / Serikat Pekerja dengan unsur Forkopimda Kab.Serdang Bedagai turut dilakukan. Dan pada Pukul 12.25 WIB, Ishoma (makan siang bersama) juga turut dilaksanakan.



Hadir dalam giat, Bupati Serdang Bedagai, H. Darma Wijaya, Kapolres Serdang Bedagai, AKBP Oxy Yudha Pratesta, SIK, Dandim 0204/DS, Letkol Czi. Yoga Febrianto, SH, M.Si, Kajari Serdang Bedagai diwakili oleh Tulus, SH, MH, Ketua Pengadilan Agama diwakili oleh, Andri, Pimpinan BPJS Ketenagakerjaan Kab.Serdang Bedagai, Hendrik Manullang, Kabag Ops Polres Serdang Bedagai, Kompol L. S. Siregar, SH, Kasat Intelkam Polres Serdang Bedagai, AKP Siswoyo, Kadis Naker Kab.Sergai yang juga selaku Ketua Panitia kegiatan, Ikhsan, AP,. M.SI, dan para Undangan dari Provinsi dan Pimpinan Serikat Buruh / Serikat Pekerja yakni Martin selaku Ketua SBSI 92 Independen, Donal Panggabean selaku Korwil K. SBSI Sumut, Suriono selaku Ketua F. SP.PP SPSI Sumut, Mujariono selaku Ketua FSPM2I Sumut, Suprapto selaku Ketua FSP. KEP. SPSI Sumut, Ipansuandi selaku Ketua SBNI Sumut.


Disisi lain Kapolsek Pantai Cermin, AKP M. Tambunan, SH juga turut serta hadir bersama dengan Camat Pantai Cermin, MH. Tambunan, SE, Danramil 08 Pantai Cermin, Kapten Arh JP. Girsang, dan para pimpinan OPD Pemkab Serdang Bedagai.


Sementara para Ketua Serikat Buruh / Serikat Pekerja Kab.Serdang Bedagai yang tampak juga ikut serta hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya yakni ada Ketua F.SP3-K SPSI, Gober Hermanto, Ketua SBSI 1992, Agan Surya Tanjung, SH, Ketua OSPKMM PT.TMN, Sido Prayetno, Ketua F.SPMI, M. Lui Nasution, Ketua F.SPTI-K SPSI, Pagar Manurung, Ketua PERBUNNI, dan Surya Darma Siregar, beserta dengan Ketua K. SBSI, Ari Andi Gunawan.


Dan teruntuk para Anggota Serikat Buruh / Serikat Pekerja Kab. Serdang Bedagai yang turut hadir sebanyak 1.000 (Seribu) orang diketahui berasal dari F.SP3-K SPSI sebanyak 250 (Dua ratus lima puluh) orang, SBSI 1992 sebanyak 250 (Dua ratus lima puluh) orang, OSPKMM PT.TMN sebanyak 100 (Seratus) orang, F.SPMI sebanyak 100 (Seratus) orang, F.SPTI-K SPSI sebanyak 150 (Seratus lima puluh) orang, PERBUNNI sebanyak 100 (Seratus) orang, dan K. SBSI sebanyak 50 (Lima puluh) orang.


Seluruh rangkaian kegiatan berakhir pada pukul 15.15 WIB dan selama kegiatan berlangsung tampak situasi dalam keadaan aman dan kondusif. (Rio-PR)