Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Usai Pamitan Dengan Gubsu, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak Lantas Titip Sumut Kepada Kapolda Yang Baru


MEDIANAGANEWS.COM, MEDAN - Mantan Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak M.Si melakukan pamitan dengan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi, setelah dirinya dimutasi oleh Kapolri menjadi Pati Lemdiklat Polri.


“Saya tadi menghadap sekaligus pamitan mengucapkan terima kasih kepada Pak Gubsu Edy Rahmayadi dan masyarakat Sumatera Utara, yang telah bekerjasama sebelumnya di dalam membangun Sumut Bermartabat lebih baik,” ujar Irjen Pol Panca kepada awak media usai bertemu dengan Edy Rahmayadi di Lantai 10 Kantor Gubsu jalan Pangeran Diponegoro No 30 Medan, Sumatera Utara, Senin (17/7/2023).


Pada kesempatan ini Panca menyebut, selama menjabat kurang lebih dua tahun empat bulan, ia bersama Forkompinda dan masyarakat membangun Sumut lebih baik lagi. Sejak menjabat Kapoldasu, katanya, masih ia ingat masa-masa sulit beberapa tahun lalu dan melewati secara bersama-sama. Baik itu masalah kondisi kesehatan masyarakat maupun pertumbuhan ekonomi, akibat pandemi-Covid-19.


“Masyarakat Sumut saling bahu-membahu dengan pemerintah serta stakeholder. Termasuk media ikut membangun secara bersama-sama untuk pemulihan yang lebih baik lagi,” ungkap Panca menjelaskan.


Bukan hanya itu saja, kata Panca, di sisi lain pihaknya juga sudah melakukan kerjasama yang sangat baik dalam even internasional. Di mana Sumatera Utara sudah bisa menunjukan ke arah yang lebih baik lagi di Indonesia ini. Dan terbukti banyak kemajuan yang sangat signifikan dalam pembangunan, termasuk soal ekonomi dan infrastruktur serta pengaman ketika Presiden RI datang ke Sumut.


“Saya titip pesan. Pelayanan Poldasu memang belum sempurna. Tetapi kami akan melakukan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Sumatera Utara. Semua masalah kita atasi secara bersama-sama. Polisi tidak ada yang hebat. Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri. Maka selama kepemimpinan saya, semua dibangun secara bersama dengan stakeholder dan komponen masyarakat. Termasuk menjadikan pers mitra strategis,” kata Panca.


Selain itu ditempat yang sama, Panca juga berpesan kepada Kapoldasu yang baru, Irjen Agung Setya Imam Effendi, bisa berkolaborasi dengan masyarakat.



Dikesempatan itu juga, Panca turut mengucapkan permohonan maafnya kepada masyarakat yang belum memenuhi ekspetasi dikarenakan dirinya juga merupakan manusia biasa.


Irjen Pol Panca mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat, pemda, TNI/Polri dan masyarakat yang selama ini bekerjasama untuk menuju Polri Presisi, khususnya di Provinsi Sumut yang bermartabat.


“Saya selaku Kapolda Sumut mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat, pemda, TNI/Polri dan masyarakat yang selama ini bekerjasama untuk menuju Polri Presisi khususnya di Provinsi Sumut,” ujarnya.


Dalam momen ini, Panca turut mengucapkan permohonan maaf nya kepada seluruh masyarakat Sumut jika pelayanan polisi kepada masyarakat belum maksimal. Namun, Panca mengaku pihaknya akan terus memperbaikinya.


Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, bahwa Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi di jajaran Polri. Salah satunya adalah jabatan Kapolda Sumut. Posisi Kapolda Sumut bakal diemban oleh Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi yang saat ini menjabat Asops Kapolri.


Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1394/VI/KEP./2023 tanggal 24 Juni 2023 seperti dilihat detikcom, Senin (26/6/2023), ditandatangani As SDM Polri Irjen Dedi Prasetyo.


Dalam isi TR tersebut dijelaskan bahwa Irjen Pol Drs R Z Panca Putra Simanjuntak M.Si selaku Kapolda Sumut dimutasikan sebagai Pati Lemdiklat Polri dalam rangka persiapan penugasan luar struktur. (Rio-PR)