Selamat Datang di MediaNagaNews.Com ➤ Konsisten - Menyuarakan - Berkomitmen ➤ Semua Wartawan MediaNagaNews.Com dilengkapi dengan ID Card Wartawan.

Selamat dan Sukses ! Pengurus PPTSB Cabang Parsidomu Wilayah Sumut 1 Resmi Dilantik


MEDIANAGANEWS.COM, MEDAN - Persadaan Pomparan Toga Sinaga dohot Boruna (PPTSB) Cabang Partuppuan Sinaga Dohot Boru Muslim (Parsidomu) satukan berbagai budaya di Sumatera Utara. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Terpilih, Dr Drs HM Ismail P Sinaga MS, saat pelantikan pengurus PPTSB Cabang Parsidomu periode 2022-2026 resmi digelar, bertempat di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Jalan Diponegoro Medan, Sumut, Sabtu (10/12/2022).


“Terima kasih kepada pengurus PPTSB Pusat dan PPTSB Wilayah Sumut 1, dimana hari ini telah diresmikannya PPTSB Cabang Parsidomu Wilayah Sumut 1,” ungkap Ismail Sinaga selaku Ketua yang baru dilantik.


Selain Ismail Sinaga yang dilantik sebagai Ketua PPTSB Cabang Parsidomu Wilayah Sumut 1, juga tampak dalam susunan kepengurusan turut dilantik Harjoko Sinaga sebagai Sekretaris dan Hasrul Sinaga sebagai Bendahara.


Pada kesempatan ini Ismail Sinaga mengatakan bahwa dibentuknya wadah perkumpulan marga Sinaga ini merupakan wadah dalam menjalin tali silaturahmi.


"Bahwa kita harus banyak berprestasi di lingkungan masyarakat dan ini tentu menjadi penerus cita-cita orang tua kita yakni berbuat banyak untuk bangsa dan negara yaitu melalui kemajuan Sumatera Utara,” tegas Ismail Sinaga yang juga selaku Kepala Badan Pengelolaan  Keuangan dan Aset Daerah (Kaban PKAD) ini.



Adapun pelantikan Ismail Sinaga sebagai Ketua PPTSB Cabang Parsidomu Wilayah Sumut 1 ditandai dengan penyerahan Pataka PPTSB oleh Ketua PPTSB Wilayah Sumut 1 Sairon Sinaga yang turut didampingi oleh para pengurus pusat maupun wilayah.


Pelantikan tersebut turut dihadiri langsung oleh Dr Timbul Sinaga SE MSA, Eduart Sinaga SH MAP, Kolonel (Purn) Drs Hombar Sinaga MM, Sekretaris Wilayah PPTSB Sumut I Drs Rommel Sinaga MM beserta dengan Wakil Sekretaris Wilayah Basar Sinaga, Ir Albert Sinaga (Gorgamas), Pak Okta Sinaga selaku Ketua Bidang Adat PPTSB Wilayah Sumut 1, Kompol Darwin Sinaga Bidang Pemuda Wilayah Sumut I, Bendahara PPTSB Wilayah Sumut I Maria Sinaga SE, Ketua Cabang PPTSB Sergei, Ketua PPTSB Deli Serdang HM Idris Sinaga, Penasehat PPTSB Cabang Parsidomu Wilayah Sumut 1 H Sulaiman Sinaga SH, Ir Amran Sinaga, Ir Zulkarnaen Sinaga selaku anggota DPRD Provsu, Kadis PU PR Sergei, Kadis Pariwisata Provsu, dan mewakili Gubsu Asisten Pemerintahan, beserta dengan para tamu undangan lainnya.


Dalam mewujudkan Bhinneka Tunggal Ika,  marga Sinaga khususnya di Wilayah Sumut 1, dikatakan Ismail telah sudah lama eksis dengan berbagai tokoh-tokoh marga Sinaga.


“Tokoh-tokoh marga Sinaga sudah banyak berperan untuk bagaimana mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Banyak juga orang-orang dalam perkumpulan di Sumatera Utara maupun tingkat nasional, seperti profesi aparatur negara maupun swasta. Mari kita satukan visi dan misi dalam membangun Sumatera Utara dari berbagai budaya melalui marga Sinaga ini,” kata Ismail Sinaga.



Ketua Umum PPTSB Se-Indonesia Ir Edison Sinaga melalui Ketua PPTSB Wilayah Sumut 1 Sairon Sinaga juga turut menyampaikan kata sambutannya dalam acara pelantikan tersebut sebagai bentuk apresiasi dan arahannya kepada seluruh pengurus yang baru saja dilantik.


"Luar biasa PPTSB Cabang Parsidomu ini, yang dimana akhirnya dapat mewujudkan wacana pelantikan pengurus ini. Selamat dan Sukses kepada Ketua PPTSB Cabang Parsidomu Wilayah Sumut 1 Ismail Sinaga beserta jajarannya yang baru dilantik. Semoga dapat menjalankan tugas pokok dengan baik sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD/RT) PPTSB. Jadilah pemimpin yang beramanah terutama dalam mempersatukan marga Sinaga menuju organisasi PPTSB yang modernisasi," pungkas Ketua PPTSB Wilayah Sumut 1 Sairon Sinaga.


Dikesempatan yang sama Penasehat PPTSB Wilayah Sumut 1, Sulaiman Sinaga, juga turut serta menjelaskan bahwa perjalanan evolusi marga Sinaga ini telah melahirkan marga Sinaga dengan berbagai budaya, suku, ras dan agama.


“Perlu kami sampaikan, opung kami sinaga dahulu itu satu. Di dalam perjalanan, bahwa Sinaga ini merantau atau menyebar di seluruh daerah, maka muncul lah Sinaga-Sinaga dengan bermacam-macam Sinaga-Sinaga yang melakukan berbeda-beda budaya. Pertama ada budaya Toba, ada budaya Simalungun, ada budaya Karo, budaya Dairi dan macam-macam budaya lainnya,” jelasnya.



Selain itu Sulaiman Sinaga juga turut memaparkan, bahwa marga Sinaga memiliki keturunan dan lahir dari berbagai agama di antaranya dari Islam dan Kristen.


“Ada berbudaya adat Simalungun Toba dan mungkin ke depan ada juga yang beradat melayu. Ini adalah bagian daripada evolusi. Saya berharap bahwa marga Sinaga ini dapat bersatu dalam wadah marga Sinaga dari berbagai budaya, suku dan ras," ujarnya.


Sementara itu, Ketum Pujakesuma Bersatu H Santoso mengapresiasi perkumpulan Marga Sinaga yang diketuai oleh M Ismail P Sinaga, dengan Perkumpulan itu tentunya bisa lebih muda berkolaborasi bersama  berbagai etnis khususnya di Sumatera Utara. “Selamat dan sukses atas terpilihan Drs H M Ismail P Sinaga sebagai Ketua  Persadaan Pomparan Toga Sinaga Dohot Boru (PPTSB) Cabang Partuppuan Sinaga Dohot Boru Muslim (Parsidomu. Semoga bisa bersama-sama menjaga keutuhan melestarikan budaya khususnya di Sumatera Utara, “kata H Santoso Ketua Pujakesuma Bersatu yang juga anggota DPRD Sumatera Utara. didampingi Ketua Harian Rianto Ahgly SH.


Ditempat terpisah, H Farianda Putra Sinik SE selaku Ketua DPW Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) Sumut, menagatakan sosok Ismail Sinaga sangat tetap memimpin persatuan marga sinaga. Karena dengan terpilnya Ismail sebagai Ketua Persadaan Pomparan Toga Sinaga Dohot Boru (PPTSB) Cabang Partuppuan Sinaga Dohot Boru Muslim (Parsidomu) bisa memberi warga dalam menjaga dan melestarikan budaya di Sumatara Utara. “Selamat dan sukses terpilih Ismail Sinaga sebagai Ketua Marga Sinaga. Dengan harapan bisa memajukan budaya dan melestarikan dan tetap menjaga kerukunan umat," kata Farianda yang juga selaku Ketua PWI ini. (Rio-PR)